Tidak Pakai Masker, Sugiarto Terima Dihukum Sosial

Kubu Raya, BorneOneTV.com_Sugiarto (31), warga desa Kuala Dua, Kec. Sui Raya, Kab. Kubu Raya tidak menyangka perjalanannya ke kota Pontianak dihentikan oleh petugas Satgas Covid-19 Lanud Supadio gegara tidak memakai masker.

Diapun diminta menuju petugas Satpol PP Kabupaten Kubu Raya yang telah bersiap mencatat identitas para pelanggar yang tidak mengindahkan protokol kesehatan sembari membagikan masker secara gratis kepada para pelanggar tersebut.

Tak berselang lama, dia diberi hukuman sosial berupa menyapu di sekitar taman Dirgantara Lanud Supadio, Rabu (07/10/).

“Saya mengaku salah karena tidak menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. Padahal pemerintah daerah atau petugas sering mensosialisasikan penggunaan masker saat bepergian,” ucap Sugiarto.

Bagi yang terjaring razia masker mendapat hukuman sosial berupa menyapu taman bersama dengan pelanggar lainnya.

“Saya ikhlas menerima hukuman ini karena salah. Dengan adanya hukuman seperti ini akan memberikan efek jera, agar setiap orang selalu memakai masker. Dan saya mengajak kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker guna menghentikan penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M menjelaskan bahwa Lanud Supadio sangat concern dalam upaya memutus mata rantai virus Covid-19.

“Hari ini Lanud Supadio bersama Polres Kubu Raya dan Satpol PP Kubu Raya kembali menggelar razia penggunaan masker. Kegiatan seperti akan rutin kita laksanakan guna pencegahan penyebaran virus corona dan bagi yang tidak menggunakan masker akan diberi sanksi sosial berupa menyapu di taman Dirgantara,” kata Marsekal Pertama TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M saat ikut memantau kegiatan razia masker.

Danlanud Supadio juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Pandemi Covid-19 masih berlangsung, untuk itu kita waiib mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. Hal ini demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,” imbuhnya. (Lay).