Ketua Umum PB PLBSI Lantik Pengprov PLBSI Kalbar Secara Virtual

Jakarta, BorneOneTV.com_Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PB PLBSI) Prof DR Nurdin Purnomo Melantik dan Mengukuhkan Pengurus Provinsi (Pengprov) PLBSI Kalbar Periode 2018-2024 di secara Virtual dari Jakarta, di Aula Yayasan Halim, Sabtu, (10/10).

Pelantikan secara online ini merupakan yang pertama kali bagi Pengprov PLBSI di Indonesia ditengah pandemi Coronavirus disease (covid-19).

Pengprov PLBSI Kalbar dinahkodai oleh Jonky, S.Kom, MM dan Wakil Ketua Albert Surya Wibowo B.Ed, MTCSOL, Sekretaris Kelvin, Wakil Sekretaris Hansen Phangestu,  C PS, C.MMI dan Bendahara Tommy Tritantyo.

Selain dihadiri Ketua Umum PB PLBSI secara Virtual/Online, Pelantikan dan Pengukuhan Pengprov PLBSI Kalbar juga dihadiri Sekjend PB PLBSI Ripka Widjaja,  (Jakarta- Virtual/Online), Kadisporapar Kalbat, Ketua KORMI Kalbar AdhiYudha Permana, S.Pd. M.OR, Internal Audit KORMI Kalbar DR. Nevi Hardika, M.OR, Hansen (Jakarta/Virtual Online, Ketua FORMI/KORMI Kota Pontianak, Ketua FORMI/KORMI Kubu Raya, Ketua Yayasan Halim Lim Peng Thay, Sekjen MABT Kalbar Hamdan.

Pelantikan ini diawali dengan Pengucapan Ikrar PLBSI yang menyatakan 5 poin penting untuk menjalankan PLBSI Kalbar diantaranya, 1.Kami, anggota Persatuan Liong & Barongai Seluruh Indonesia menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945. 2.Kami, anggota Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia, bercita-cita luhur dalam menyemarakan warna Kebhinnekaan serta melestarikan budaya Indonesia sebagai salah satu sumber daya potensial bangsa. 3.Kami, anggota Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia, menjunjung tinggi sportifitas dalam mengembangkan misi dan  visi serta menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam rangka melestarikan budaya bangsa dan memasyarakatkan olahraga 4.Kami, anggota Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia, menghargai perbedaan-perbedaan yang ada, serta berupaya menjalin kerjasama demi kepentingan bangsa dan negara dan 5.Kami, anggota Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia, siap sedia melaksanakan pembangunan bangsa melalui pagelaran serta pertunjukkan seni budaya dan olahraga.

Kemudian secara Online, Sekjend PB PLBSI Ripka Wijaya membacakan Surat Keputusan PB PLBSI No. PB610004 Tentang Susunan Pengprov PLBSI Kalbar.

Lalu, Ketua Umum PB PLBSI Prof DR Nurdin Purnomo melantik Jonky, S.Kom, MM sebagai Ketua Pengprov PLBSI Kalbar dengan menyerahkan Pataka PLBSI Kalbar secara Virtual.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar Windy Prihastari, S.STP, M.Si menyampaikan ucapan Selamat kepada Pengprov PLBSI Kalbar Periode 2018-2024 yang telah dilantik oleh Ketua Umum PB PLBSI.

“Selamat kepada para Pengurus PLBSI Kalbar yang baru dilantik,” ucap Windy Prihastari, S.STP, M.Si.

Mantan Karo Administarsi Pimpinan Setda Kalbar juga mengatakan dalam membangun sebuah organisasi yang baik harus dimulai dengan niat dan kemauan yang baik pula.

“Niat dan kemauan inilah yang akan mengangkat harkat dan martabat Olahraga di Kalbar. Kita harapkan, PLBSI Kalbar membawa manfaat yang lebih besar dan penuh makna. Terjalin hubungan yang erat antara Pemda dan Pengurus,” harapnya.

Dengan adanya kerjasama antara Pengurus dan masyarakat serta pemerintah/Disporapar, PLBSI tidak bisa sendiri melaksanakan Tupoksinya dalam bidang keolahragaan, tapi harus didukung oleh stackholder terkait.

“Saya mengajak Pengurus PLBSI Kalbar untuk bersama, bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam membangun Kalbar, khususnya di Bidang Olahraga,” ajaknya.

Windy Prihastari berharap, kedepannya PLBSI Kalbar akan terbina dengan baik untuk membudayakan Olahraga di Kalbar.

“Kami harap, Pelantikan ini dapat merumuskan program-program dan garis besar kebijakan organisasi dengan parameter yang jelas,” harapnya.

Dikatakannya, PLBSI merupakan sebuah Wadah Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia, mempunyai budaya, Olahraga dan kesenian dalam satu wadah ini.

“Kami harap, kedepannya, kita bersama-sama mengembangkan atau merencanakan event-event Sport Tourism yang ada di Kalbar,” pesannya.

Ketua Umum PB PLBSI Prof DR Nurdin Purnomo menyampaikan ucapan Selamat kepada Pengprov PLBSI Kalbar Periode 2018-2024 yang baru terbentuk.

“Sebelumnya, Ketua Penprov PLBSI dipimpin oleh Adhi Yudha Permana dan sekarang dipimpin oleh Jonky,” ucap Prof DR Nurdin Purnomo.

Walau dalam suasana Pandemi Covid-19, dan Pelantikan Pengprov PLBSI Kalbar secara Virtual, namun, dirinya mengharapkan para Pengurus dan undangan yang hadiri untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

“Kami harapkan, PLBSI Kalbar dapat mendaparkan barisan laju maju bersama perahu besar PB PLBSI. Terus aktif dalam kegiatan masyarakat Liong dan barongsai sebagai olahraga tradisional,” harapnya.

Hadirnya PLBSI Kalbar menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dalam menciptakan nilai olahraga yang berdampak positif bagi nusa dan bangsa.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI ) Kalbar Adhi Yudha Permana mengatakan, hadirnya KORMI sebagai Induk/Payung dari Cabang Olahraga Rekreasi dan salah satunya adalah Liong dan Barongsai.

“Kalau olahraga rekreasi salah satunya adalah Liong dan Barongsai, senam dan olahraga tradisional. Semua itu ada di Olahraga Rekreasi,” jelas Adhi Yudha Permana.

Sekjen MABT Kalbar Hamdan menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan langka awal dalam menjalankan tugasnya.

“MABT Kalbar sangat mendukung PLBSI Kalbar agar mengembangkan seni dan budaya liong dan barongsai di Kalbar,” ucap Hamdan.

Kemudian, MABT Kalbar juga membuka diri untuk PLBSI Kalbar untuk membangun kerjasama dalam memajukan seni budaya Tionghoa yang ada di Kalbar.

“Kedepan, kami ajak, kita bersama-sama membangun budaya kita sebagai sebuah aset bangsa dan negara khususnya Kalbar,” ajaknya.

Ketua Yayasan Halim, Lim Peng Thai menyambut baik dengan acara ini dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam menyediakan fasilitas sebagai tempat pelaksanaan Pelantikan Pengprov PLBSI Kalbar.

Ketua Pengprov PLBSI Kalbar Jonky, S.Kom, MM mengatakan Pelantikan ini menjadi langka awal PLBSI Kalbar untuk meraih kesempurnaan sesuai Hari, Tanggal dan Tahunnya.

“Ini langka awal yang sempurna bagi PLBSI Kalbar,” kata Jonky, S.Kom,MM.

Dikatakannya, PLBSI Kalbar sangat memberikan kondisi yang kondusif buat semua club’club’, team, perkumpulan, komunitas, dan yayasan yg punya LIONG dan BARONGSAI di Kalimantan Barat untuk membawa harum nama baik kota, kabupaten yang ada di Kalbar ke kancah  nasional dan sekaligus membawa nama Negara Indonesia ke dunia internasional melalui PLBSI KALBAR ini.

Saat ini, PLBSI Kalbar terbentuk untuk mengajak para generasi muda di Kalbar untuk bersama-sama memajukan seni budaya Liong dan Barongsai.

“Pengurus harus memiliki tekad untuk bersama-sama memajukan warisan budaya seni Liong dan Barongsai. Ini satu kebanggaan buat kita semua,” pesannya.

Kedepan, setelah PLBSI Kalbar sudah terbentuk, maka, Pengprov PLBSI Kalbar akan segera membentuk PLBSI Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Landak, Sekadau, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu.

“Ini start awal yang memang kita melanjutkan Tongkay estafet dari PLBSI Kalbar sebelumnya,” ujarnya. (Lay).