Peduli Dunia Pendidikan Anak Perbatasan Disaat Pandemi, Kodim 1205/Stg Luncurkan Program Perpustakaan Apung di Batas Negeri

Sintang,BorneOneTV.com_ Peduli dengan dunia pendidikan anak- anak di wilayah perbatasan pada masa pandemi, Kodim 1205/Sintang membuat terobosan Perpustakaan Apung di Batas Negeri, di wilayah Kecamatan Ketunggau Tenggah Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut diresmikan lansung oleh pengagas dari perpustakaan apung di batas negeri, Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan pada, Minggu,(18/10/2020).

Ratusan anak dan para orang tua yang sejak pagi sudah menunggu, menyambut gembira dan antusias kehadiran dari perpustakaan apung di batas negeri yang sudah mulai beroperasi.

Dengan didampingi oleh para orang tua dan petugas perpustakaan, para anak dibimbing untuk mencari buku pelajaran dan kesukaanya dengan sebelumnya mendapatkan penerapan protokol kesehatan, mendapatkan pembagian masker dati Tim Satgas TMMD 109 Kodim 1205/Sintang yang ikut yang ikut menyukseskan kelancaran dari program tersebut.

Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan mengatakan, bahwa gagasan perpustakaan apung di batas negeri sudah sejak lama direncanakan dan baru bisa dilaksanakan dam beropeasional bertepatan dengan andanya kegaiatan TMMD 109 Kodim 1205/Sintang, di Kecamatan Ketunggau Tenggah.

“Dan terkait dengan masa pandemi, dimana para siswa belum bisa bersekolah tatap muka, sebagai peluang dibalik kendala pandemi untuk menghadirkan perpustakaan apung di batas negeri, agar para siswa masih tetap belajar.

Menurut Letkol Inf. Eko Bintara Saktiawan, perpustakaan apung akan tetap berjalan dan beroperasional. Karena kami merasa bertanggung jawab untuk bagaimana menyiapkankan generasi dimasa depan, karena generasi muda yang sekarang ini adalah tumpuan kita nanti dimasa mendatang, bagaimana memajukan negeri ini, membentengi negeri ini melalui ilmu pendidikan bahwa buku adalah sumber ilmu.

“Dan untuk sementara ini perpustakaan Apung masih diopersinoalkan di Kecamatan Ketunggau Tenggah, dengan sasaran mendatangi daerah- daerah terpencil yang susah dijangkau secara fisik maupun secara jaringan internet, untuk memberikan pengetahuan kepada anak- anak dan siapun yang ingin mencari ilmu. Dan untuk selanjutnya, nanti diseluruh wilayah pembinaan Kodim 1205/Sintang kami akan berupaya untuk membuat perpustakaan apung yang serupa,”ucap Eko Bintara Saktiawan.

Salah satu siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD), Rizki Andika mengatakan, merasa senang dengan kehadiran dari perpustakaan apung di batas negeri karena bisa membaca buku lagi.

Menurut Rizki Andika, selama ini belum pernah ada perpustakaan apung dan ini merupakan yang pertama kalinya,”ujarnya.( Dodi/Yusri).