Kabid Pelayanan Capil Serahkan Akta Perkawinan Kepada Pemohon

Pontianak, BorneOneTV.com_Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Dini Eka Wahyuni secara simbolis menyerahkan Akta Kawin kepada 2 orang Pemohon yang sudah selesai di cetak oleh Disdukcapil Kota Pontianak di Sekretariat Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kota Pontianak, Rabu (21/10).

Pelayanan Permohonan Pendaftaran bagi pasangan suami istri (Pasutri) yang sudah kawin secara adat maupun secara agama namun belum mendaftarkannya kepada Disdukcapil Kota Pontianak untuk dicatatkan Perkawinannnya secara sah kepada Negara.

“Ini upaya Pemkot Pontianak dalam hal Disdukcapil memberikan legalitas hukum terhadap perkawinan warga Kota Pontianak yang dilaksankan secara adat maupun secara agama,” kata Dini Eka Wahyuni saat ditemui usai menyerahkan berkas Akta Perkawinan kepada Pemohon di Sekretariat MAKIN Kota Pontianak.

Dikatakannya, apa yang dilakukan Pemkot Pontianak dengan melakukan Pencatatan Perkawinan secara kolektif terhadap umat Khonghucu yang sudah melangsungkan Perkawinan secara adat maupun secara agama, harus juga dicatat dalam catatan sipil sebagai bukti bagi legalitas perkawinan secara hukum.

“Ini bentuk keseriusan Pemkot Pontianak dalam hal ini Disdukcapil untuk memberikan pelayanan dan menjamin masyarakat Kota Pontianak patuh dan tercatat dalam catatan sipil agar semua perkawinan,” jelasnya.

Pelayanan Pencatatan Perkawinan secara kolektif ini dilaksanakan Disdukcapil Kota Pontianak ini turut menggandeng sejumlah pihak di antaranya Kementerian Agama Kota Pontianak dan MAKIN Kota Pontianak.

Ketua MAKIN Kota Pontianak Tjhin Djie Sen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Pontianak dalam hal ini Disdukcapil yang telah memberikan pelayanan pencatatan Akta Kawin bagi umat Khonghucu Kota Pontianak dalam menjemput bola.

“Terima kasih, Disdukcapil Kota Pontianak telah memberikan pelayanan pencatatan akta kawin bagi umat Khonghucu di Kota Pontianak,” ucap Tjhin Djie Sen.

Dikatakannya, pelayanan pencatatan Akta Perkawinan secara kolektif oleh Disdukcapil Kota Pontianak ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak Ke 249. (Lay).