Lantamal XII Laksanakan Dawilhanla Wilayah Persisir

Pontianak, BorneOneTV.com_Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan melaksanakan pengendalian wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

Tugas ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi, dan kondisi sosial sebagai Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara di laut dalam rangka mendukung System Pertahanan Semesta

Berdasarkan Undang undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pada Pasal 9 huruf e disebutkan bahwa Tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut dengan melaksanakan pengendalian wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

Penyiapan kemampuan wilayah pertahan laut dan kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan Sisten Pertahanan Semesta (Sishanta) dilaksanakan melalui sinergitas peran instansi fungsional dalam membina potensi maritim meliputi sumber daya manusia (SDM) Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB), Sarana dan Prasarana Nasional (Sarprasnas), ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), nilai nilai luhur budaya bahari dan menjadi kekuatan kewilayahan yang tangguh untuk mendukung kepentingan pertahanan laut.
Pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) yang diselengarakan guna mendukung program diatas antara lain gelar Komponen Cadangan (Komcad) atau Komponen pendukung (Komduk) TNI AL dalam rangka perberdayaan wilayah pertahanan laut, gelar potensi komponen  pendukung  TNI AL dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut, peyuluhan bela Negara, bakti sosil kesehatan, pembersihan pantai dan penanaman mangrove.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, yang dalam pelaksanaannya oleh Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut (KH) Harazi, S.Ag., M.M, selaku pelaksana kegiatan  telah melakukan kegiatan Renovasi terhadap beberapa Sarana dan Prasarana Rumah Ibadah dan Rumah Pintar yang tersebar di beberapa tempat di wilayah Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya yang dimulai sejak tanggal 15 Oktober 2020 dan masih berlansung sampai dengan saat ini.

Pelaksanaan Renovasi terhadap beberapa sarana dan prasarana fasilitas umum dan fasilitas sosial yang merupakan program kerja Dispotmar Lantamal XII melalui kegiatan Dawilhanla Wilayah Pesisir TA 2020, dimana kegiatan ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.
Adapun hasil yang telah dicapai dalam tahapan pekerjaan renovasi tersebut meliputi Masjid Baiturrahmat  telah dilakukan pembersihan seluruh area Masjid, dan dilakukan pengecatan bagian luar dan dalam masjid, semua kusen dan jendela, plafon bagian luar dan kubah, serta pemasangan Lisplang. Sampai saat ini prosentase sudah mencapai 50%,  Surau Ar-Rahim telah dilakukan pembersihan seluruh area Masjid, dan dilakukan pengecatan bagian luar dan dalam masjid, semua kusen dan jendela. Sampai saat ini prosentase sudah mencapai 25%, dan Mushollah Al-Karimah telah dilakukan pembersihan seluruh area Masjid, dan dilakukan pengecatan bagian dalam masjid, semua kusen dan jendela. Sampai saat ini prosentase sudah mencapai 25%, serta Masjid Al-Ghazi telah dilakukan pembersihan seluruh area Masjid, dan dilakukan pengecatan bagian luar masjid. sampai saat ini prosentase sudah mencapai 35%.  Sedangan untuk renovasi Rumah Pintar dan Taman Baca akan dilakukan akhir dalam pekerjaan tersebut.
“Diharapkan masyarakat dapat menjaga dengan baik semua fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di wilayah Sungai Kakap sehingga dapat berfungsi dengan bai”, dan direncanakan pada akhir bulan Oktober ini semua dapat selesai dengan baik sehingga dapat segera di gunakan masyarakat.” Demikian ujar Kadispotmar Lantamal XII di sela-sela pelaksanaan kegiatan renovasi.

Kegiatan Dawilhanla  tahun 2020 mengambil tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Program Dawilhanla wilayah pesisir di wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Tarakan guna terwujudnya penyiapan komponen cadangan dan komponen pendukung untuk memperkuat dan meningkatkan Komponen Utama dalam rangka pertahanan Negara” (Lay).