Usai Renovasi, Pangdam XII/TPR Resmikan Makam Pangeran Nata Kusuma

Landak, BorneOneTV.com_Makam tokoh pejuang Landak, Pangeran Nata Kusuma di Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak telah selesai dilakukan renovasi. Peresmian dilakukan langsung oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Selasa (3/11/).

Peresmian makam ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, dilanjutkan dengan ziarah.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati dan unsur Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Landak yang telah merenovasi dan menjaga dengan baik aset milik bangsa yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah kebanggaan masyarakat Kabupaten Landak.

“Pangeran Nata Kusuma merupakan salah seorang Tokoh Pejuang dari Kerajaan Landak yang menentang penjajah Belanda di wilayah Kalimantan Barat. Hingga akhir hayatnya, beliau tidak pernah menyatakan tunduk dan takluk kepada kolonial Belanda hingga beliau wafat dalam pengasingannya di Bengkulu pada tahun 1920,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Menilik dari sejarah perjuangan Pangeran Nata Kusuma, Pangdam XII/Tpr menegaskan, selaku generasi penerus bangsa agar kita dapat meneladani sikap dan semangat rela berkorban para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan.

“Kita wajib menjaga dan melestarikan salah satu Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Landak ini, yaitu makam para Raja Kerajaan Landak yang salah satunya merupakan pejuang kemerdekaan yaitu Pangeran Nata Kusuma,” tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Jenderal Bintang Dua ini juga mengajak kepada generasi penerus bangsa, untuk selalu menanamkan dalam sanubari jiwa semangat juang dan rasa cinta tanah air, guna mengisi pembangunan bangsa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita agar tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai.

Oleh karena itu, Pangdam berharap dengan telah dilaksanakan renovasi dan diresmikannya Makam Pangeran Nata Kusuma ini, dapat meningkatkan fungsi makam sebagai sarana penanaman nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan bagi generasi penerus, sekaligus dapat menjadi sarana edukasi dan obyek studi ziarah wisata.

“Kepada masyarakat yang telah hadir pada acara Peresmian Renovasi Makam Pangeran Nata Kusuma ini saya berpesan, agar tetap mempedomani protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktivitas guna mencegah penyebaran wabah Covid-19,” pesan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Sementara, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa dalam acara menyampaikan, penelusuran sejarah Pangeran Nata Kusuma sangat penting, karena beliau merupakan pejuang asli dari Landak. Untuk itu Bupati Landak meminta dukungan agar Pangeran Nata Kusuma mendapat gelar anumerta sebagai pejuang nasional.

“Sebagai penerus pejuang, mari kita berjuang menghadapi pandemi Covid-19 ini. Karena itu negara membutuhkan pahlawan – pahlawan dalam menanggulangi dan mencegah Covid-19 di wilayah kita,” ujar Karolin Margret Natasa.

Acara peresmian kali ini juga dihadiri para pejabat utama Kodam XII/Tpr, Kasrem 121/Abw, Forkopimda Landak, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan serta Kadis Sosial Kabupaten Landak, Pangeran Keraton Ismahayana Landak dan Bunda Hj. Utin Trimurti serta keluarga selaku Ahli Waris Gusti Abdurrani Pangeran Nata Kusuma, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) dan Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Landak. (Lay).