Antisipasi La Nina BPBD Sekadau Siapkan Satgas dan Peralatan

Sekadau, BorneOneTV.com – Analisis Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada bulan Oktober hingga November diperkirakan akan terjadi peningkatan akumulasi curah hujan yang tinggi akibat La Nina yang terjadi hampir di seluruh Indonesia.

La Nina berdampak pada peningkatan curah hujan di Pasifik Barat (Indonesia, sebagian besar Asia tenggara, dan bagian utara Australia).

Mengantisipasi dampak La Nina di Kabupaten Sekadau, BPDB-PK Kabupaten Sekadau menghimbau warga agar waspada terhadap hujan deras disertai angin kencang, Rabu 4 November 2020.

Kalak BPBD-PK Kabupaten Sekadau, Matius Jon mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan satgas dan peralatan dalam rangka mengantisipasi dampak La Nina.

“La Nina ini berdampak secara umum di seluruh Indonesia, di Kabupaten Sekadau kita tidak dapat memastikan titik-titik lokasi yang akan terdampak,” ungkap Matius Jon, Selasa (03/11).

Meski begitu, Matius Jon mengatakan saat ini belum ada laporan terjadinya bencana alam akibat La Nina, seperti pohon tumbang, banjir atau atap rumah warga yang terbang.

“Tapi kita tetap menghimbau masyarakat untuk waspada dan memastikan pemukiman masing-masing agar aman dari bencana alam ketika terjadi hujan disertai angin kencang,” ujarnya.

Adapun upaya sederhana yang dapat dilakukan masyarakat agar pemukimannya tetap aman dari dampak La Nina adalah, dengan membersihkan pekarangan rumah, membersihkan irigasi dan menyiang pepohonan disekitar rumah yang diperkirakan dapat tumbang atau patah akibat angin kencang.

“Untuk membersihkan pohon-pohon besar disekitar rumah, kalau memerlukan bantuan dari BPBD kami siap membantu. Jika terjadi bencana alam masyarakat juga bisa langsung menghubungi kami,” tandasnya.(krisantus)