Team Liong & Barongsai PLBSI Kalbar Tampil Mengagumkan pada Perlombaan Virtual Internasional

Pontianak, BorneOneTV.com_Team Liong & Barongsai PLBSI Kalbar Tampil Mengagumkan pada Perlombaan Virtual ASIANIA Dragon & Lion Dance Open Tournamen 2020, yang baru pertama kali diikuti.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 92, Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalbar mengikuti Turnamen Turnamen Penabuh Tambur Liong & Barongsai tingkat ASIANIA Open 2020 secara virtual dan Turnamen ini diselenggarakan pada tanggal 7 – 28 Oktober 2020.

Tournament ini selain diikuti peserta dari penabuh tambur Liong dan Barongsai dari Provinsi Kalbar  yang difasilitasi oleh PLBSI Kalbar.

Peserta dari Indonesia adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Babel, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dll serta luar negeri diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Singapore, China, Thailand, Australia, Laos, Nepal, Vietnam, Chile Amerika Latin dll untuk berpartisipasi dalam Turneman ini yang diselenggarakan oleh PLBSI (Persatuan Liong & Barongsai Seluruh Indonesia) yg akan menjadi agenda rutin  ASIANIA Kungfu Dragon & Lion Dance Federation.

“Walaupun Team Kalbar belum mendapat peringkat 13 besar, setidaknya Turnamen ini menjadi Motivasi bagi PLBSI Kalbar untuk terus semangat, terus latihan dan terus ikut tampil di setiap kesempatan yang ada,” kata Ketua Pengprov PLBSI Kalbar, Jonky, SE, MM, Rabu (4/11), saat ditemui.

Dikatakannya, Pengprov PLBSI Kalbar yang kepengurusan barunya, baru saja dilantik bulan lalu merupakan sebuah wadah Persatuan Liong dan Barongsai di Kalbar dan menjadi Motivasi bagi Pengprov PLBSI Kalbar untuk terus semangat, terus latihan dan terus ikut tampil di setiap kesempatan yang ada.

“Salah 1 team Kalbar hanya selisih 0,03 dari peringkat 3 besar Indonesia dalam 13 besar internasional, ini merupakan langkah awal yg sangat membanggakan ” jelasnya.

Pada Ajang Perlombaan yang baru pertama kali diikuti oleh Pengprov PLBSI Kalbar ini dari 59 jumlah peserta, Provinsi Kalbar mengirim 5 orang penabuh tambur Liong & Barongsai dari Pontianak sebagai peserta yaitu dari Perkumpulan Liong & Barongsai HFX Cemerlang, YPK Merdeka, Sinar Mulia dan Multi Jaya.

Menurut Ketua Umum PB PLBSI, Prof DR Nurdin Purnomo, Turnamen ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92, bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga serta KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia).

Pemerintah Indonesia sangat mendukung para pemuda Indonesia untuk mengikuti Turnamen internasional memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dan Indonesia menjadi pelopor event yg sangat positif secara virtual semasa Global pandemic.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dalam menyukseskan Turnamen ini,” ucap Prof DR Nurdin Purnomo.

Turnamen ini diketuai langsung oleh Prof DR Nurdin Purnomo. Ketua Juri dari Malaysia Chan Sin Tong , Wakil Ketua Juri dari Indonesia Tjiong Wa Kie dan Wakil Ketua Juri dari China, Lin Yan.

Kemudian, Juri dari Indonesia diantaranya : Kristianus Salim Sugiono, Yohanes Prasetya, dan Ripka Widjaja CDS. Lalu Juri dari China, Liang Bing Yuan, Juri dari Malaysia, Chua Tian Seng, Juri dari Singapore, Lim Kiang Wan, Juri dari Laos, Chen Bao An, Juri dari Australia, Beng Yew Lim dan Juri dari China Taipe, Wang Huang Lung.

Asisten Juri dari Indonesia yaitu untuk Skor : Endang Susilawati, untuk waktu : Erfan Sutono dan Asisten untuk IT : Leo Valentino. (Lay).