Lolosnya 2 Tokoh Agama Khonghucu Asal Kalbar di Ajang Penyuluh Teladan 2020

Pontianak, BorneOneTV.com_Lolosnya 2 Tokoh Agama Khonghucu asal Provinsi Kalbar dalam ajang Pemilihan Penyuluh Non PNS Teladan Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu, Kemenag RI menggelar ajang pemilihan penyuluh agama Khonghucu teladan Non PNS tahun 2020.

Kedua Tokoh Agama Khonghucu yang lolos dan masuk lima besar kategori Penyuluh yakni, Sekretaris Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Kalbar Suryanto, B.Sc, SH dan Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Kubu Raya, Rudy Leonard.

Pemilihan Penyuluh Agama Khonghucu  Teladan Tahun 2020 mereka yang dari kalangan Non PNS adalah tenaga pembimbing agama atau rohaniwan yang direkrut oleh pemerintah dari kalangan umat Khonghucu.

Penyuluh agama Khonghucu terdiri atas orang yang ahli di bidang agama dan memenuhi persyaratan pemerintah untuk melakukan bimbingan agama kepada masyarakat Khonghucu di wilayahnya.

Mereka bertugas membantu Pemerintah mensosialisasikan kebijakan-kebijakan negara terkait dengan agama kepada masyarakat.

Melalui peran penyuluh agama Khonghucu, kualitas penghayatan dan pengamalan umat terhadap ajaran agama Khonghucu semakin meningkat.

“Siapapun yang terpilih, mereka-mereka inilah yang memiliki kompoten dibidangnya. Kami harap, mereka menjadi yang terbaik tiga besar dari 5 besar ini,” ucap Ketua MAKIN Kota Pontianak, Tjhin Djie Sen, Jumat (6/11), saat ditemui di Sekretariat MAKIN Kota Pontianak.

Saat ini, Suryanto dan Rudy Leonard menempati posisi 4 dan 5 dan masuk nominasi 5 besar untuk menjadi calon Penyuluh Agama Khonghucu Teladan Tahun 2020 Non PNS yang diselenggarakan oleh Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu, Kemenag RI.

Suryanto yang memiliki Nama Asli Bong Kap Siong sejak 20 tahun yang lalu telah berkecimpung di bidang Keagamaan Khonghucu.

Suryanto B.Sc, SH yang Lahir di Kota Pontianak, 12 Maret 1965 dan beragama Khonghucu yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris MATAKIN Kalbar memang sudah terlibat dalam Keagamaan Khonghucu.

Suryanto sedang berupaya tampil terbaik dalam ajang pemilihan Penyuluh Teladan ini, baik dari segi penulisan hingga presentasi makalah ilmiah yang akan disampaikan.

“Saya berusaha tampil menjadi yang terbaik,” kata Suryanto, saat di temui.

Sementara, Rudy Leonard yang memiliki Nama Asli Liau Lip Tie sejak 10 tahun yang lalu telah berkecimpung di bidang Keagamaan Khonghucu.

Rudy Leonard yang Lahir di Kota Sambas, 12 Juni 1959 dan beragama Khonghucu dan saat ini sedang menjabat Ketua MAKIN Kubu Raya juga sudah berperan aktif dalam Keagamaan Khonghucu.

“Saya harap, Ajang ini menjadi motivasi bagi saya menuju yang terbaik,” ucap Rudy Leonard, saat ditemui.

Lolosnya kedua Tokoh Agama Khonghucu Asal Kalbar di Ajang Penyuluh Teladan 2020 akan memberikan presentasi mereka.

Suryanto, akan menggunakan waktunya dalam presentasi Makalah pada Rabu (11/11), pukul 09.45 – 10.15 WIB sedangkan Rudy Leonard jugs akan menggunakan waktunya dalam presentasi Makalah pada Rabu (11/11), pukul 10.20 – 10.50 WIB. (Lay).