Pesan Sang Pangeran, Terkait Tiang Bendera Kesultanan

Singkawang, BorneOneTV.com – Pangeran kesultanan Sambas Pangeran Ratu Muhammad Trhan beserta rombongan melakukan silaturahmi kerumah dinas walikota singkawang jumat (6/11/2020).

Dalam kunjungannya, dirinya juga membahas polemik tiang bendera peninggalan kesultanan sambas yang selama ini menjadi pembicaraan di tengah masyarakat terutama di media Facebook.

Dalam kunjungannya. Pangeran Ratu Muhammad Tarhan mengatakan. Jangan ada lagi polemik di tengah masyarakat terkait tiang bendera yang selama ini menjadi perbincangan.

“Yang sudah berlalu – biar berlaku. Jadi kita bisa mengambil jalan terbaiknya. Dan kita sepakat tiang bendera kita letakkan di Rumah Adat Melayu,” kata pangeran Ratu Muhammad Tarhan dalam silaturahmi nya di rumah dinas walikota singkawang.

Lebih lanjut ia mengatakan. Dalam pemasangan tiang bersejarah peninggalan kesultanan sambas agar dapat di bantu dalam penganggaranya.

“Jadi saya harap dari DPR untuk menganggarkan dalam penacapan tiang bendera. Dan di bangunkan musium mini sejarah tiang bendera tersebut, nantinya kita bersama – sama melakukan penancapan tiang tersebut” katanya.

Sementara itu. Kesepakatan tersebut disambut baik Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.  Bahkan Tjhai Chui Mie dengan rendah hati mempersilakan Kesultanan Sambas untuk memberikan masukan terkait design penempatan tiang bendera Kesultanan Sambas tersebut.

“Jika memang ada design seperti apa pembangunan terkait penempatan tiang bendera dari pangeran maupun Bunda Ratu kami persilakan. Nantinya kami akan dengan senang hati mempersiapkan anggarannya untuk segera kita bangun,” ungkap Tjhai Chui Mie.

Bahkan Wali Kota berharap keberadaan tiang bendera kesultanan Sambas akan menambah khazanah rumah adat Melayu Singkawang.

“Nantinya kita harapkan dalam pembangunan penempatan tiang bendera ini akan kita hiasi tulisan sejarah tiang bendera tersebut agar anak anak kita baik dari Singkawang,  Sambas, Bengkayang atau dari manapun datang ke rumah melayu mendapatkan pengayaan ilmu sejarah kebudayaan, ” katanya.

Hal ini,  tambah Tjhai Chui Mie,  tentunya akan menjadi kebanggaan semua pihak atas adanya peninggalan bersejarah di Kota Singkawang.

Oleh sebab itu sebagaimana titah YM. Pangeran Ratu Muhamamad Tarhan agar tiang bendera Kesultanan Sambas untuk ditempatkan di rumah Melayu Singkawang dapat berjalan lancar sesuai rencana dan kesepakatan.

Tjhai Chui Mie berharap atas kesepakatan yang dilakukan ini maka diharapkan semua pihak dapat menerimanya sesuai titahYM. Pangeran Ratu Muhamamad Tarhan. (tim)