Menjelang Pelantikan, PDKS Adakan Sore Keakraban

Singkawang, BorneOneTV.com – Menjelang Pelantikan Pengurus, Pemuda Dayak Kota Singkawang (PDKS) mengadakan Sore Keakraban dengan tajuk ” Energy Terdahsyat Menjadi Pemenang”. Sabtu (7/11).

Kegiatan yang berlangsung di Rumah Adat Dayak Kota Singkawang tersebut dihadiri oleh Dandim 1202 Singkawang, DAD Kota Singkawang, perwakilan Pengurus Pemuda Dayak Kalimantan Barat (PDKB), Pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang yang akan dilantik dan beberapa organisasi yang ada di Kota Singkawang.

Kegiatan yang bertajuk “Energy Terdahsyat Menjadi Pemenang” tersebut diisi dengan berbagai materi diantaranya; Jiwa Leadership Pemuda Dayak oleh Letkol INF Condro Edi Wibowo, S.Sos, M.Han (Dandim 1202 Singkawang), Blue Print Organisasi Pemuda Dayak oleh Hendra Darwilias, ST (Ketua Umum PDKB), Goal Pemuda Dayak 2025 oleh Yulius Yoris Anes (Ketua PDKS) dan Out Of The Box Orang Muda Dayak oleh Edwin Kurniansyah, SE (wakil Ketua PDKS).

Dalam penyampaian materi nya, Ketua Umum PDKB, Hendra Darwilias menegaskan bahwa pentingnya mengetahui kondisi organisasi secara subjektif maupun objektif, yaitu melalui analisis SWOT.

Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu organisasi.

“Dengan mengetahui empat aspek tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan”. Pungkas Hendra.

Memang analisis SWOT bukanlah analisis yang mampu memberikan jalan keluar yang tepat bagi semua masalah yang ada di organisasi.

“Namun, setidaknya melalui analisis SWOT kita mampu menggambarkan situasi yang sedang dihadapi oleh organisasi,”jelasnya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut ketua Umum PDKB Hendra Darwilias juga berkesempatan untuk menjelaskan gambaran umum tentang organisasi Pemuda Dayak kepada para undangan dan terlebih kepada pengurus Pemuda Dayak Kota Singkawang yang akan dilantik. (Erwin/Krs)