Danlantamal XII Pimpin Upacara Tabur Bunga di Dermaga Satrol Lantamal XII

Pontianak, BorneOneTV.com_Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Brigjen TNI  (Mar)  Andi Rukman memimpin Upacara Tabur Bunga di Dermaga Dermaga Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII, Selasa (10/11).

Upacara Tabur bunga ini diselenggaran dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ke-75, 10 November dengam Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Antoni T.S., S.T., M.Si.(Han).

Tema hari Pahlawan tahun 2020 ini yaitu : “ Pahlawanku Sepanjang Masa.”  Tujuan dilaksanakan Upacara Tabur Bunga ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa jasa para Pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara, dengan mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun pejabat yang hadiri dalam Upacara Tabur Bunga ini antara lain, Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno.S.E., Para Asisten Danlantamal XII, Asisten Teritorial Kodam XII/ Tpr, Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal XII, serta para Kadis dan kasatker serta undangan unsur Forkopimda yang antara lain Wakil Wali Kota Pontianak, Danpomdam XII/Tpr, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kalbar, Ketua dan Wakil Ketua Jalasenanstri serta Pengurus Korcab  XII DJA I, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Kalbar, Kepala Biro Administrasi Pembagunan Setda Prov. Kalbar, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Prov. Kalbar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalbar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalbar, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. Kalbar, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kalbar, Kepala Dinas Kesehatan  Prov. Kalbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Kalbar, Kepala Pelindo Pontianak, Kepala Bea dan Cukai Pontianak, Pimpinan KPLP Pontianak, Kepala Kantor Imigrasi Pontianak, dan Kepala Kantor Kesyabandaran Pontianak, serta perwakilan Unsur TNI/Polri yang ada di Pontianak serta Pramuka Saka Bahari.

Dalam pelaksanaan pelarungan karangan bunga, menggunakan Kapal Angkatan Laut (Kal) Lemukutan yang berlayar dari Dermaga Satrol Lantamal XII menuju Alur sungai di sekitar Pelabuhan Kota Pontianak dan kemudian kembali ke Dermaga Satrol, yang diikuti oleh seluruh pejabat utama dalam undangan pelaksanaan tabur bunga.

Selesai melakukan pelarungan bunga oleh Komandan Lantamal XII Brigjen TNI  (Mar)  Andi Rukman, kemudian disusul oleh seluruh pejabat yang On Board dalam Kal Lemukutan untuk melaksanakan  tabur bunga.

Selesai pelaksanaan Tabur Bunga, saat Kal Lemukutan kembali ke Dermaga Satrol, Komandan Lantamal XII Brigjen TNI  (Mar)  Andi Rukman, melakukan Press Release bersama Awak Media.

“Hari Pahlawan Yang Diperingati Setiap Tanggal 10 November, Merupakan Bentuk Penghargaan Atas Jasa Para Pahlawan.  Sebagaimana Ungkapan Salah Seorang The Founding Fathers Kita  Soekarno Yang Menyatakan Bahwa “…Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar….!! Tegas Danlantamal XII.

Selain itu juga “ Hari Pahlawan Yang Ke 75 Tahun 2020 Ini, dengan Tema  “Pahlawanku Sepanjang Masa” .  Artinya Kita Dituntut Untuk Meneladani Sikap Serta Tindakan Nyata Yang Sudah Ditorehkan  75 Tahun Lamanya Kita Semua harus meneladani Apa Yang Mereka Perjuangkan. Oleh Sebab Itu Sudah Sepatutnyalah Kita Memperingati Serta Mengapresiasikan Nilai Nilai Kepahlawanan Dalam Setiap Aspek Kehidupan Kita”, ujarnya.

Danlantamal XII berpesan kepada Masyarakat Kalimantan Barat Khususnya Generasi Muda, Bahwa Peringatan Hari Pahlawan Tahun Ini Momentumnya Berbeda Dengan Tahun Tahun Sebelumnya.

Tahun Ini Kita Merayakan Hari Pahlawan Dalam Situasi Pandemi Covid-19,  Artinya Setiap Kita Dituntut Untuk Menjadi Pahlawan.  Pahlawan Dimulai Dari Diri Sendiri…Lingkungan Keluarga…Selanjutnya Pada Lingkungan Masyarakat…Hidup Dengan Tetap Perpedoman Pada Protokol Kesehatan.

“#Saya Aman…Kamu Aman !! # Kamu Sehat…Saya Sehat !! # Kita Semua Sehat !!
#Jalesveva Jayamahe,  #Ghora Vira Madya Jala, #Ksatria Jala Khatulistiwa, Demikian Pekik Komandan Lantamal XII. (Lay).

Editor: HaDin