Januar Tewas Disambar Petir saat Berteduh di Bawah Pohon Sawit

Mempawah, BorneOneTv.com – Malang nasib Januar Syahruli (30), nyawanya tak dapat tertolongkan setelah secara mendadak petir menyambarnya, pada Rabu (18/11/2020) sekira pukul 15.30 WIB.

Peristiwa ini terjadi di Divisi Blok L 38 perkebunan kelapa Sawit PT. Mitra Andalan Sejahtera (MAS), yang berada di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah melalui Kapolsek Jungkat, Iptu Rahmat Kartono mengatakan, bahwa kejadian ini berawal saat korban dan dua orang saksi yang tak lain rekan kerjanya (Mulyadi dan Saleh) berjalan pulang dari kebun ke mess karyawan.

“Sesaat kemudian hujan turun, kemudian mereka memutuskan untuk berteduh di bawah salah satu pohon kelapa Sawit,” ujar Kapolsek Rahmat Kartono.

Pada saat berteduh, korban yang saat itu berada di tengah kemudian mengambil hanphone yang berada di dalam saku celana dan berniat untuk mematikannya. Akan tetapi secara tiba-tiba petir menyambar korban sehingga korban terkapar di tanah, sedangkan dua orang temannya terlempar ke samping.

“Melihat kondisi korban yang tidak bergerak, saksi yang saat kejadian itu terlempar akibat sambaran petir tersebut kemudian bergegas ke kantor untuk memberitahukan kejadian itu,” kata Kapolsek.

Beberapa saat kemudian, lanjut Kapolsek, korban dievakuasi dengan menggunakan mobil perusahaan oleh beberapa Karyawan yang lain dan dibawa ke Rumah Sakit (RS) Yarsi Kota Pontianak untuk dilakukan pemeriksaan atau visum awal dengan didampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Wajok Hulu, Aipda Aloysius.

“Hasil visum yang dilakukan, korban mengalami luka bakar dibeberapa bagian antara lain, luka bakar di telapak kaki kiri dan kanan, luka bakar di jari kaki kiri, luka bakar di punggung kaki kanan, luka bakar di paha kiri dan kanan dan luka bakar di punggung badan,” ungkapnya.

Korban pun telah dipulangkan ke rumah duka, di Jalan Nawawi Hasan, Perum 2 Jeruju, Kecamatan Pontianak Barat, pada Kamis (19/11/2020). Atas kejadian ini pula, Kapolsek mengimbau kepada masyarakat, agar tidak berteduh di bawah pohon saat hujan karena rawan terkena sambaran petir.(pul)