Hadapi Bencana Alam, Ini Persiapan Dinsos Mempawah

Mempawah, BorneOneTv.com – Memasuki musim penghujan seperti saat sekarang ini, membuat wilayah Kabupaten Mempawah rawan akan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Apalagi dilansir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, terdapat 8 dari 9 kecamatan di Mempawah berpotensi sebagai Kawasan Rawan Bencana (KRB), baik berupa banjir, kebakaran, tanah longsor maupum puting beliung.

Untuk mengatasi hal itu pula apabila bencana terjadi, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mempawah yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana Pemerintah Kabupaten Mempawah telah mempersiapkan berbagai upayah sebagai langkah mengatasinya.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Dinsos Kabupaten Mempawah, Heru Agung YA, bahwa salah satu upaya untuk mengatasi bencana yang akan datang, pihaknya terlibat langsung dalam menyiapkan Taruna Siaga Bencana (Tagana), dimana siap sedia disaat bencana akan terjadi.

“Sudah kita persiapkan dan tentunya sudah terlatih, seperti membuat dapur umum, melakukan evakuasi dan lain sebagainya. Bahkan mereka juga telah diberikan keterampilan,” ujarnya, Jumat (20/11/2020).

Agung juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah menyediakan atau mempunyai Kampung Siaga Bencana (KSB) di wilayah Sepang dan di Pasir. Hal itu untuk mengantisipasi apabila banjir tiba-tiba datang.

“Kalau dengan begitu, Tagana yang ada di sana bisa langsung kita kerahkan untuk mengatasinya apabila tiba-tiba bencana datang,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya (Dinsos) juga telah menyiapkan 100 ton beras bagi warga yang nantinya terdampak bencana, dimana beras itu bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI).

“Bantuan ini secara rutin diberikan Kemensos kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setiap tahunnya. Kuota-nya pun sama dengan tahun lalu, 100 ton,” terangnya.

Sementara kata Agung untuk mekanisme bantuan ini, agar dapat diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana, setelah pihaknya mendapat SK Tanggap Darurat dari Tim Penanggulangan Bencana Pemkab Mempawah.

“Sejauh ini bantuan yang diberikan kepada masyarakat cukup, tidak pernah melebihi kuota 100 ton yang telah tersedia. Bahkan saya kira persediaan kita tahun ini cukuplah sampai Bulan Desember nanti,” pungkasnya. (pul)