Personel Kikav 12/MDC Bantu Makamkan Jenazah Pasien Covid-19

Pontianak, BorneOneTV.com_Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus, personel Kompi Kavaleri (Kikav) 12/Macan Dahan Cakti membantu memakamkan jenazah pasien Covid-19 di peristirahatan terakhirnya di Pemakaman Umum Sungai Bangkong, Pontianak, Sabtu (21/11).

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, Tim Pemakaman Kikav 12/MDC yang dipimpin Letda Kav Utep memakamkan jenazah inisial H warga Pontianak Barat. Sebelum meninggal dunia H merupakan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada.

Dankikav 12/MDC, Lettu Kav Vincentius Garry mengatakan, pemakaman dilakukan setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi dan koordinasi dengan keluarga duka untuk dilakukan pemakaman sesuai dengan protokol kesehatan.

“Untuk pemulasaraan jenazah, sebelumnnya dilakukan oleh Dokter dan Tim Medis dari Rumah Sakit Kartika Husada,” kata Dankikav.

Usai melakukan semua rangkaian pemakaman, kata Dankikav 12/MDC, seluruh APD langsung dimusnahkan dengan cara dibakar, sementara personel yang terlibat dipastikan tetap steriil sebelum kembali bertugas.

“APD yang digunakan saat pemakaman langsung dibakar, kemudian yang terlibat dalam pemakaman disterilkan oleh Tim Dekontaminasi dengan bahan disinfektan,” pungkas Lettu Kav Vincentius Garry. (L4Y).