Lasarus: Kecanggihan Teknologi Tidak Bisa Gantikan Peran Guru

Pontianak, BorneOneTV.com – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyebut peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Menurut Lasarus, sampai kapanpun peran guru sebagai motivator dan pembentuk karakter siswa tidak akan bisa digantikan oleh teknologi.

“Kecanggihan teknologi tidak bisa menggantikan peran guru. Sampai kapanpun dan oleh teknologi secanggih apapun. Teknologi itu hanyalah alat bantu dalam proses pembelajaran. Teknologi hanya membantu dalam konteks transfer ilmu, tetapi tidak dengan pembentukan karakter peserta didik kita,” kata Lasarus saat diwawancarai di Pontianak, Rabu (25/11/2020).

Legislator dari dapil Kalbar 2 itu mengatakan, meskipun peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi, para guru wajib beradaptasi dengan kemajuan teknologi terkini. Para pengajar disebutnya perlu makin kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi ajar yang efektif kepada siswa, terlebih di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti sekarang.

“Para guru harus senantiasa meng-update pengetahuannya supaya siswa tidak kebingungan. Karena di masa sekarang, sumber pengetahuan bukan berasal dari guru saja. Siswa bisa mendapatkan pengetahuan dari internet dan dari sumber-sumber lain. Jangan sampai karena gagap teknologi, karena ketidakmampuan menyajikan materi yang kekinian, guru-guru kita justru tertinggal dari siswa dalam konteks penguasaan materi,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, politikus yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat itu turut memberi ucapan selamat Hari Guru Nasional (HGN) kepada segenap guru di Indonesia. Dirinya juga menyampaikan kebanggaannya terhadap guru-guru yang pernah mendidiknya sejak belia.

“Tanpa didikan guru, saya tidak mungkin bisa jadi anggota DPR. Tidak mungkin kita bisa mengemban profesi kita sekarang tanpa didikan penuh perjuangan dari guru-guru kita. Karenanya, di momen berharga ini, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru di tanah air. Terima kasih telah mendidik kami semua. Selamat Hari Guru,” tandasnya. Rilis/Martono