Peringatan HGN, Wabup Sujiwo Ajak Seluruh Masyarakat Tak Lupakan Jasa Guru

Kubu Raya, BorneOneTV.com – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak seluruh masyarakat untuk menghargai dan tidak melupakan jasa para guru. Ajakan itu disampaikannya pada momen peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020 yang jatuh pada 25 November.

“Saya tidak mungkin memperoleh jabatan sebagai Wakil Bupati tanpa didikan guru-guru yang mendidik saya sejak kecil. Begitu juga dengan Pak Bupati, para kepala OPD, dan pejabat-pejabat lainnya yang hadir pada upacara hari ini. Tanpa didikan guru, mereka juga tidak mungkin memperoleh apa yang mereka capai hari ini,” kata Sujiwo seusai menghadiri upacara HGN di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Rabu (25/11/2020).

“Oleh karenanya, di momen berharga pada hari ini, izinkan saya menyampaikan rasa hormat, apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada semua guru yang telah memberikan darmabaktinya bagi daerah. Kepada segenap guru, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun; yang berstatus PNS, P3K, ataupun honorer; baik yang di perkotaan maupun di pedesaan, yang ada di pelosok, di daerah terluar, di perbatasan dan di wilayah terpencil, saya mengucapkan terima kasih atas segala didikan dan pengajarannya bagi kami semua,” lanjutnya.

Menurut Sujiwo, peran guru tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi sebaik apapun. Dirinya menilai, di era digital yang menyediakan begitu banyak sumber belajar, bahkan mampu menyediakan robot-robot super pintar yang sanggup menjawab kebutuhan apapun, profesi guru tetap akan langgeng dan tidak bakal tergerus.

“Di era yang serba digital seperti sekarang, banyak profesi yang hilang karena digantikan oleh robot pintar yang mempunyai kecerdasan buatan. Tapi bagi saya, sebaik dan semaju apapun teknologi, profesi guru tidak akan hilang. Guru akan tetap langgeng sampai kapanpun dan tidak akan bisa digantikan oleh robot,” terangnya.

Kendati profesi guru dianggap tidak bakal tergerus oleh kemajuan zaman, Sujiwo tetap meminta para guru untuk terus meningkatkan kompetensinya secara berkala. Para guru dikatakan Sujiwo harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi di kelas, terlebih di era pandemi seperti sekarang.

“Guru adalah profesi yang sangat strategis dan mulia. Untuk itu, saya atas nama pemerintah meminta seluruh guru di Kubu Raya untuk menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab karena masa depan anak-anak Kubu Raya ada di tangan para guru. Teruslah berkarya dan mengabdi untuk bangsa. Teruslah hadir sebagai obor dan pelita di tengah kegelapan,” tutupnya.

Editor: HaDin