Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin Membuka Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penginputan Aplikasi SIPD

Sekadau, BorneOneTV.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan pengembangan (BAPPEDA LITBANG) Kabupaten Sekadau mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis penginputan aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) Kabupaten Sekadau, di Hotel kini Pontianak, Jumat (4/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj.sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Narasumber Dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Para Asisten Setda Kabupaten Sekadau, Para Kepala SKPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Para Kepala Bagian Dilingkungan Sekretariat
Daerah Dan Sekretariat DPRD Kabupaten
Sekadau, Para Camat Se Kabupaten Sekadau dan Para Kasubbag Perencanaan Atau Petugas Opererator/pengelola SIPD di masing-masing SKPD Kabupaten Sekadau.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (SIPD) itu dibuka langsung oleh Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin. Sri Jumiadatin menilai masih ada beberapa hal yang harus kita benahi terutama dalam hal perencanaan dan keuangan daerah yang hingga saat ini mengalami perubahan kebijakan yang mengharuskan pemerintah daerah untuk melaksanakannya sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Meski begitu Pjs Bupati Sekadau itu juga mengapresiasi penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di Kabupaten Sekadau yang telah berjalan sampai pada akhir tahun 2020 ini.

” saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas kerjasama dan dukungannya sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik,” kata Sri Jumiadatin.

Lebih lanjut, Sri Jumiadatin menjelaskan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) harus dilaksanakan dan diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Sekadau, dalam rangka melaksanakan ketentuan permendagri 70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah Dan Surat edaran Menteri dalam Negeri nomor 130/736/SJ tanggal 27 januari 2020 tentang percepatan implementasi sistem informasi Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan SIPD dikembangkan untuk menghasilkan layanan informasi Pemerintahan Daerah yang saling terhubung dan terintegrasi dengan berbasis elektronik, yang terdiri dari tiga informasi utama yakni informasi Pembangunan Daerah, informasi
keuangan Daerah dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya.

Hal ini tentunya dapat mewujudkan konsistensi antara dokumen rencana pembangunan daerah dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran serta keselarasan dengan dokumen perencanaan lainnya.

“SKPD harus benar-benar menyesuaikan program kegiatan dan sub kegiatannya, supaya tidak keluar dari dokumen perencanaannya. dengan catatan tidak mengubah target dan indikatornya
dalam RPJMD,” harap Sri Jumiadatin.

Sebelum peraturan diatas diberlakukan, diketahui Kabupaten Sekadau sudah menggunakan Aplikasi E-planning yang dibangun dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Mengakhiri sambutannya Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin mengingatkan kembali bahwa pada 9 desember 2020 nanti akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak, dirinya mengajak untuk mendukung dan menjaga kondisi yang kondusif sehingga pelaksanaan pilkada dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

“menyikapi perkembangan teknologi khususnya di media sosial agar masyarakat tidak mudah terpengaruh hoax atau informasi yang tidak dapat dipertanggung
jawabkan kebenarannya”. Tutupnya. (Krisantus)

Editor: HaDin