250 Personel Lantamal XII Ikuti Latihan Patroli Keamanan Laut

Pontianak, BorneOneTV.com_Sebanyak 250 Personel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XII), dari Strata Perwira, Bintara dan Tamtama mengikuti Latihan Patroli Keamanan Laut TW IV tahun 2020 di Gedung Malahayati Lantamal XII Jalan Komyos Sudarso No. 1 Jeruju Kota Pontianak, Selasa (8/12).

Latihan Patroli Keamanan Laut ini dibuka oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H.,M.M, mewakili Danlantamal XII dengan ditandai penyematan tanda peserta latihan pada salah satu perwakilan.

Latihan Keamanan Laut ini akan berlangsung sampai dengan hari Selasa (15/12). Materi latihan yang diaksanakan adalah teori di kelas dan praktek lapangan.

Untuk materi teori diantaranya, Pengetahuan Prosedur Jarkaplid, Pengetahuan Pam Obyek Vital Nasional, Pam VVIP, Penanganan Tahanan, Pengetahuan Tentang Evakuasi Medis, Pengetahuan Tentang Kesyahbandaran, Pengetahuan Tentang Perikanan, Pengetahuan Tentang Keimigrasian, Pengetahuan Tentang Kepabeanan, Pengetahuan Tentang Karantina Kesehatan, Pengetahuan Tentang Minerba, Tehnik Penyelidikan, Pengetahuan Tentang Narkoba, Pengetahuan Tentang Hukum Laut, Pengetahuan Tentang Tindak Pidana Tertentu di Laut, Pengetahuan Tentang Pemberkasan Oleh Pangkalan, Pengetahuan Pemberkasan Oleh KRI, Pengetahuan tentang Intelijen Maritim dan Pengetahuan VBSS,

Sedangkan untuk praktek lapangan antara lain, Praktek Jarkaplid, Praktek VBSS, Praktek Penanganan Tahanan dan Praktek Evakuasi Medis.

Para instruktur berasal dari Mako Lantamal XII sendiri dan Instruktur dari satuan yang sesuai dengan Tupoksi yang terkait dengan materi latihan seperti dari KSOP, PSDKP Pontianak, Imigrasi Pontianak, Bea Cukai Pontianak, Karantina Kesehatan Pontianak, Dinas Pertambangan, Kejari Pontianak dan BNNP Kalbar.

Danlantamal XII Brigjen TNI Marinir Andi Rukman mengatakan tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel Lantamal XII.

“Tujuan dilaksanakan latihan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel Lantamal XII dalam bidang keamanan laut melalui pemahanan terhadap prosedur di dalam Patkamla, perundang undangan terkait bidang keamanan laut dan proses penyelesaian hukum tidak pidana tertentu di laut,” kata Danlantamal XII dalam ssmbutan yang disampaikan Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H.,M.M saat membuka Latihan Keamanan Laut di Gedung Malahayati Lantamal XII.

Ditekankan kepada para peserta latihan agar mampu melaksanakan latihan sebaik baiknya, memperhatikan prosedur dan mekanisme latihan, mengutamakan keamanan dan keselamatan baik personel dan material, selalu memperhatikan pedoman pencegahan Covid 19 dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah latihan.(L4Y).

Editor: HaDin