Ikuti Rakornas TPKAD, Ini Harapan Gubernur Kalbar

Pontianak, BorneOneTV.com_Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum, menghadiri Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) melalui daring di Data Analytc Room (DAR), Kamis (10/12/2020).

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji S.H., M.Hum, berharap kepada perusahaan penjamin kredit daerah dan perusahaan di sektor perbankan untuk membuka akses permodalan seluasnya.

“TPAKD ini penting untuk di daerah sehingga pelaku usaha lebih gampang mengakses permodalan. Nanti kita kaji liat bagaimana progresnya, kita akan kordinasi OJK dan BPD sehingga penyaluran kredit itu harus lebih besar dan banyak, tapi untuk kegiatan-kegiatan yang jelas,” harap H. Sutarmidji S.H., M.Hum, usai menghadiri Rakornas TPAKD.

Lanjutnya, untuk saat ini pemerintah Provinsi Kalbar juga memiliki beberapa perusahaan-perusahaan daerah akses permodalan pengkreditan.

“Kita punya perusahaan daerah, harusnya itu bisa jadi lokomotif untuk percepatan akses permodalan dan kita juga punya bank kalbar, jamkrida dan perusahaan perbanka lainnya. sehingga jamkrida bisa menjamin kegiatan-kegiatan proyek pembangunan di kalbar, nah kita akan matangkan. Sehingga kedepan akses permodalan ini akan lebih baik,” tuturnya.

“Jadi pelaku usaha lebih gampang mengakses permodalan untuk di luar jawa sangat kecil sekali aksesnya. Pemerintah pusat saat ini sedang mempercepat pemerataan akses permodalan di luar jawa serta harus ada kemudahan-kemudahan sehingga meningkatkan sektor usaha-usaha kecil,” tambahnya. (L4Y).