Wagub Kalbar : Perhatikan Kebutuhan Penyandang Disabilitas

Pontianak, BorneOneTV.com_Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H., menghadiri kegiatan Memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2020 secara virtual di Rumah Dinas Wagub Kalbar, Kamis (10/12).

Diselenggarakannya kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Hari Disabilitas Internasional di Provinsi Kalimantan Barat. Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan dukungan dan perhatian serta perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Pada tahun 2016, Pemerintah Indonesia mengesahkan UU Disabilitas yang mengakui hak penyandang disabilitas dan mewajibkan pemerintah untuk memberikan mereka perlakuan yang setara dengan non-disabiltas.

Dalam sambutannya, Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H mengatakan hambatan yang dihadapi penyandang disabilitas diantaranya yaitu hambatan lingkungan, infrastruktur, hambatan perilaku dan pola pikir.

“Jadi kalau kita membangun fasilitas umum seperti rumah ibadah dan lainnya, kita juga harus memperhatikan kebutuhan disabilitas, supaya mereka dapat menikmati yang dibangun oleh masyarakat kita,” ungkap Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H.

Wagub Kalbar juga mengatakan pemerintah merespon kebutuhan dasar yang sangat diperlukan bagi penyandang disabilitas, seperti alat bantu kegiatan disabilitas dan membangun komunikasi secara berkesinambungan agar koordinasi dapat berjalan dengan baik serta memenuhi jenis pelayanan kebutuhan.

“Jenis pelayanan kebutuhan penyandang disabilitas seperti pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan, identitas penduduk dan pelayanan transportasi publik. Karena yang paling tahu tentang kebutuhan penyandang disabilitas adalah penyandang disabilitas itu sendiri”, jelas H. Ria Norsan.

Wagub Kalbar berharap penyelenggaraan ini agar menjadi perhatian supaya adanya nilainya manfaat bagi penyandang disabilitas. (L4Y).