Vitrektomi Perdana di RSUD Dr. Soedarso Pontianak

Pontianak, BorneOneTV.com_untuk mendapatkan perawatan yang maksimal dan terbaik, Rumah Sakit Soedarso Pontianak yang merupakan rumah sakit rujukan nasional dan juga sebagai rumah sakit pendidikan di Kalimantan Barat. “Selasa 15/12/2020

Rumah Sakit Soedarso Pontianak untuk pertama kalinya berhasil melakukan operasi mata yang disebut Vitrektomi

Vitrektomi adalah prosedur operasi untuk mengobati bermacam gangguan atau penyakit retina, Vitrektomi juga merupakan prosedur rumit yang dilakukan oleh dokter mata spesialis Retina dan memerlukan perangkat bedah mikroskopik komplek untuk terlaksananya pembedahan ini

RSUD Dr Sudarso merupakan rumah sakit rujukan provinsi dan sebagai rumah sakit rujukan nasional dan juga sebagai rumah sakit pendidikan sangat sesuai dan seharusnya dapat melayani pbedahan Retina. Beberapa indikasi yang dilakukan pembedahan Vitrektomi diantatanya : Perdarahan Vitreous KRN Komplikasi DM, Ablasio Retina (Retina lepas), Retina adalah sarag mata, Macular Hole (Retina Pusat yang berlubang), Endoftalmitis (peradangan isi boka mata) dll.

Tujuan dari operasi Vetrektomi adalah Menyelamatkan penglihatan dan mencegah perburukan penglihatan.

Sebelum dilakukan Vitrektomi dokter mata akan melakukan rangkaian pemeriksaan mata pemunjamg diagnostik, tergantung kebutuhan. Seperti OCT, USG mata, Foto fundus angiografi dll.

Semua sudah tersedia di Poliklinik mata RSUD Dr. Sudarso Pontianak sudah siap dalam pelayanan Retina baik Diagnostik maupun terapi. Dengan semua fasilitas yang dimiliki Rumah Sakit Soedarso saat ini membuat pasien tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lain untuk melakukan operasi (egidius)

Editor: HaDin