Hari Ibu ke-92, TPPKK Kalbar Adakan Rapid Test Gratis

Pontianak, BorneOneTV.com_Ketua TPPKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, menghadiri rapid test gratis dalam rangka Hari Ibu ke-92 tahun 2020 bersama TPPKK Kubu Raya dan Kota Pontianak, Rabu (16/12).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di semua TPPKK kab/kota se-Indonesia. Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Adapun tema utama peringatan Hari Ibu ke-92 adalah Perempuan berdaya Indonesia Maju.

“Hari ibu dirayakan setiap tahun sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan  perempuan dari masa ke masa. Kongres perempuan tahun 1928 menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia yang mengambil peran di setiap gerak pembangunan Indonesia,” tutur Ny. Hj. Lismaryani.

Dia menambahkan perempuan telah mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari solusi untuk mengantar Indonesia sampai masa kini.

“Melalui peringatan hari ibu  ke-92 tahun 2020 ini, diharapkan perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya terlebih di era pandemi covid-19,” imbuh Ny. Hj. Lismaryani.

Hasil survei dari United Nations Women menunjukkan  pandemik Covid-19 memperparah ekonomi perempuan dan kesetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Situasi yang serba sulit ini, perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, dan menjadi penjaga keluarga masing-masing,” ujarnya.

Wanita nomor satu di Kalbar ini juga menjelaskan, Tim penggerak PKK mengambil bagian pada peringatan hari ibu ini dengan melaksanakan rapid test gratis untuk perempuan dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, bahkan sampai ke kecamatan, yang dilaksanakan secara serentak dari tanggal 14 – 18 desember 2020. Adapun rapid test ini dilaksanakan bagi lansia /ibu-ibu dan remaja.

“Tak henti-hentinya saya mengharapkan kepada warga masyarakat Kalimantan Barat, agar tetap menjaga protokol kesehatan. Ingat pesan ibu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Semoga kita terlindungi dari covid-19 dan  selalu sehat,” pungkasnya. (L4Y).