Hasil Rapat Pleno KPU Sambas, Calon Bupati Satono- Roffi Unggul

Sambas, BorneOneTV.com- KPU Kabupaten Sambas Lakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten dalam pemilihan Bupati dan wakil bupati Sambas tahun 2020 di Gedung DPRD Kabupaten Sambas, Kalbar, Rabu, ( 16/ 12/ 2020).

Rapat Pleno Terbuka tingkat Kabupaten, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi beserta empat komisioner lainnya, Martono, Wahdi Kuspian, Rudiansyah serta Irawati, KPU Provinsi, serta KPU RI.

Di rapat Pleno terbuka dihadiri PPK, Ketua Bawaslu Ikhlas, dan Komisioner lainnya, Ekus, Mustadi. Selain dari penyelenggara, juga hadir dari unsur Forkopimda, TNI,Polri, Kejaksaan, serta dari saksi masing- masing Paslon.

Hasil Rapat Pleno terbuka, Paslon No urut 2 (H.Satono – Rofi) lebih unggul dengan jumlah Suara 85.830 dibanding Paslon No. 1 , 3, maupun 4.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi.S.Pd, Dalam sambutannya menyampaikan, Ucapan terimakasih
Kepada bapak bupati Sambas, wakil bupati Sambas, Kapolres Sambas, Dandim 1208 Sambas, Danyon 645 Garda Yudha, Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, ketua Bawaslu Kabupaten Sambas beserta anggota, Rekan-rekan komisioner, Sekretaris beserta seluruh jajaran, yang sudah membantu, mendukung memfasilitasi kegiatan kali ini.

Dalam rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang kita selenggarakan pada hari ini dihadiri oleh saksi-saksi dari peserta pemilihan bupati dan wakil bupati yang terdiri dari tim Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1 nomor urut 2 nomor urut 3 dan nomor urut 4 Bawaslu Kabupaten, panitia pemilihan Kecamatan dan dapat dihadiri juga oleh masyarakat dan instansi terkait yang sudah kami undang pada kesempatan hari ini.

Pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sambas tahun 2020 telah kita lalui bersama pada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu, pemilihan bupati dan wakil bupati kali ini dilaksanakan dalam suasana cofid19 yang sangat memprihatinkan kita semua, sehingga pelaksanaan pemilihan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19.

Dalam memperbaiki kinerja kedepan dan masukan kritikan yang membangun tersebut menjadi cambuk bagi kami untuk perbaikan, namun dengan komitmen bersama antara KPU dan seluruh stakeholder terkait di Kabupaten Sambas pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 pada tanggal 9 Desember tahun 2020 tersebut berjalan dengan lancar aman dan tertib, tanpa ada pemilihan susulan maupun pemilihan ulang dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Sambas.

Kami menyadari terdapat kendala-kendala diantaranya jaringan internet yang belum memadai di berbagai wilayah, sehingga memperlambat proses input data dari TPS yang sudah dilakukan kemarin. untuk mengatasi hal tersebut KPU menggunakan Excel manual yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia yang juga akan kami sampaikan pada kesempatan hari ini, digandeng dengan aplikasi rekap yang sudah ditentukan.

Apabila ada peserta pemilihan yang keberatan terhadap hasil, tentunya ada ruang atau jalur tersendiri yang sudah ditetapkan oleh KPU dalam mendapatkan kepastian hukum terhadap hasil pemilihan ini, karena kami di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas memegang prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilihan yang terbuka profesional, jujur, adil proporsional, dan akuntabel karena setiap apa yang kami kerjakan harus dapat kami pertanggung jawabkan baik secara administratif, hukum. Tutup Sudarmi.( Dedi Anggara)