Apel Ops Lilin Kapuas 2020, Polres Mempawah Kerahkan 80 Personel untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Mempawah, BorneOneTv.com – Polres Mempawah menggelar apel gelar pasukan operasi terpusat Lilin Kapuas 2020, di Halaman Mapolres setempat, Senin (21/12/2020) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, dimana dalam apel itu Kapolres membacakan amanat dari Kapolri.

Diwawancara usai apel, Kapolres mengatakan, bahwa apel gelar pasukan ini dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Untuk Ops Lilin Kapuas ini akan dilaksanakan selama 15 hari, terhitung mulai hari ini.

“Mulai hari ini sampai dengan 4 Januari kita akan mengadakan Ops Lilin 2020. Ada tiga titik post pengamanan yang kita siapkan, diantaranya Terminal Jungkat, Sungai Pinyuh dan Mempawah,” ujar Kapolres.

Sementara itu jelas Kapolres, ada sekitar 80 personel yang dilibatkan, dibantu juga dengan jajaran TNI untuk mengamankan setiap gereja saat pelaksanaan misa sampai dengan natal dan tahun baru.

“Operasi ini secara khusus mulai digelar hari ini. Anggota sudah diplot untuk ditugaskan mengamankan perayaan natal dan tahun baru. Ada juga nanti anggota Polres dan TNI keliling untuk memantau gereja-gereja,” terangnya.

Ada beberapa imbauan juga yang disampaikan Kapolres kepada masyarakat, khususnya di Mempawah. Pertama tetap menerapkan protokol kesehatan mandiri yakni 3M. Selain itu, meminta kepada para pengurus gereja agar mempersiapkan gerejanya masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Membatasi jamaah yang hadir dibawah 50 persen, menyiapkan thermo gun (pengukur suhu tubuh), menyiapkan masker dan tempat cuci tangan.

“Terkait dengan perayaan tahun baru, kita juga mengharapkan kepada masyarakat Mempawah untuk tidak melakukan arak-arakan, konvoi, membuat kerumunan atau pun perayaan-perayaan lain. Karena saya sudah koordinasi dengan Pemda, bahwa mereka juga tidak melaksanakan perayaan tahun baru di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Meski memasuki libur panjang, Kapolres juga mengharapkan masyarakat dapat menjaga diri masing-masing demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap di rumah. Imbauan juga disampaikan ke pemilik rumah makan ataupun cafe.

“Saya minta patuhi jam operasional buka, tentunya tetap menerapkan juga protokol kesehatan serta selalu mengingatkan para pengunjung untuk memakai masker,” tegasnya.

Hari ini kata Kapolres sesuai dengan kesepakatan juga, pihaknya akan laksanakan penyemprotan sesuai hasil rapar lintas sektoral beberapa waktu lalu. “Baik itu gereja dan tempt-tempat lainnya termasuk masjid,” ungkapnya.

Kapolres pun mengatakan akan ada tindakan tegas bagi para pelanggar aturan yang sudah ditetapkan. “Tentu pertama kita lakukan dulu imbauan, namun apabila tidak diindahkan masyarakat, maka terpaksa kita tindak tegas sesuai peraturan yang ada,” pungkasnya. (pul)