Jaga Silaturahmi, Alumni Santri Ponpes Al-Falah Bersua ke Rumdin Wabup Mempawah

Mempawah, BorneOneTv.com – Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi menggelar silaturahmi dengan para alumni santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah Mempawah, Sabtu (26/12/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Dinas (Rumdin)-nya, di Jalan Raden Kusno, Kecamatan Mempawah Hilir. Tampak para alumni dari berbagai angkatan hadir pada kegiatan yang berlangsung sekira pukul 13.00 WIB itu.

Keakraban pun saling terlihat, meski diketahui para alumni itu ada yang tidak bertemu hingga belasan tahun lamanya. Berbagi cerita pun dilontarkan terkait kenangan-kenangan masa lalu saat masih menimba ilmu di Ponpes Al-Falah.

Tak luput pula, guru-guru dan ustadz yang pernah berjasa untuk para alumni turut hadir pada kegiatan itu. Senyum kebahagiaan pun tanpak terpancar dari semua yang hadir. Terutama Wabup Mempawah yang tak lain merupakan eks pengurus Ponpes Al-Falah.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, bahwa pertemuan ini merupakan suatu momentum untuk kembali merajut kebersamaan dan keakraban seperti sedia kala saat masih di Ponpes Al-Falah.

“Pertemuan hari ini merupakan pertemuan awal kita untuk merajut kebersamaan, menjalin silarurahmi dan kekompakan. Jangan sampai silaturahmi kita putus, mari kita jaga bersama tali persaudaraan ini,” ujar Wabup.

Dirinya pun berharap, agar dapat dibentuk kepengurusan untuk para alumni, supaya silaturahmi sesama alumni yang pernah menimba ilmu di Ponpes Al-Falah tidak terputus begitu saja.

“Mungkin nanti dibentuk kepengurusan, siapa ketua dan wakilnya. Bahkan kalau bisa, nanti dibuatkan setiap daerah itu ada koordinatornya, sehingga semua alumni bisa terkoordinir semua. Dengan begitu, ke depan kalau ada kegiatan seperti ini lagi bisa kumpul semua,” pintanya.

Wabup juga memuji dengan banyaknya para alumni Ponpes Al-Falah yang sudah sukses dalam meniti karier. Tentunya itu tak terlepas dari didikan dan ilmu yang didapat selama menimba ilmu di Al-Falah.

“Saya perhatikan semua sukses, ada bekerja di Kemenag, perawat, pengusaha, aktif di organisasi keagamaan. Meski pun dulu 20 tahun lalu saat di Ponpes hanya makan kangkung, tapi saya tidak menyangka bisa sesukses ini,” ujarnya sembari tersenyum.

Ia pun berharap, seluruh alumni Al-Falah dapat menjaga almamater. Tunjukan pada semua orang bahwa lulusan dari Ponpes Al-Falah Mempawah bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bahkan ia juga meminta agar para alumni dapat membantu supaya Ponpes Al-Falah Mempawah dapat berkembang lebih baik lagi ke depan.

“Tunjukan bahwa kita lulusan Ponpes Al-Falah bermanfaat bagi masyarakat. Kita bisa jadi pemimpin yang punya integritas dan pemahaman agama yang tinggi. Mari para alumni saling bahu membahu membantu perkembangan Ponpes yang kita banggakan ini,” katanya.

Melihat para alumni yang datang sudah bekeluarga dan memiliki anak, tak luput Wabup mengingatkan agar dapat mendidik anak-anaknya dengan kasih sayang dan kelembutan. Agar kelak menjadi anak yang berbakti bagi orang tua dan negara.

“Saya minta anak-anak kita dibimbing jadi anak yang cerdas. Jangan dimarahi berlebihan. Kalau nakal itu wajar, karena mereka masih kecil, disitulah peran kita sebagai orang tua untuk mendidiknya. Jangan sampai keluar dari mulut orang tua kata-kata yang tidak pantas, apalagi sampai mencaci,” harapnya.

Buatlah kata Wabup anak-anak kita menjadi anak yang sukses, bahkan kalau bisa lebih sukses dari orang tuanya. ” Buat anak-anak kita lebih sukses dari kita. Jangan sampai terpengaruh dengan hal yang dapat merusak mentalnya,” pintanya.

Terlepas dari itu, Wabup juga mengingatkan untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah di tengah pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan 3M.

“Terapkan protokol kesehatan. Mari kita sama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Tak luput pula, Wabup meminta maaf apabila kejadian-kejadian yang telah lalu masih membekas di hati sehingga membuat sakit hati yang sampai saat ini masih diingat.

“Mungkin dulu banyak menyusahkan kalian, membuat kalian tidak nyaman, membuat kalian pusing, saya meminta maaf sebesar-besarnya. Sebenarnya saya begitu bukan berarti tidak senang sama kalian, tapi karena ingin membuat kalian sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, Julina yang tak lain merupakan istri dari Wabup Muhammad Pagi mengatakan, bahwa dirinya merasa terharu dan bangga bisa kembali berkumpul bersama-sama dengan para alumni santri Ponpes Al-Falah.

“Ini merupakan sesuatu momentum untuk kita kembali mengingat masa-masa dulu waktu masih di Ponpes. Mudahan silaturahmi kita tetap terjaga selamanya,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Umi ini juga meminta, kalau bisa kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin. Tentunya agar silaturahmi tetap terjaga dengan baik dan selalu kompak satu sama lain.

“Kalau bisa setahun 2 kali atau paling tidak setahun sekali. Kita di sini siap memberikan dukungan apabila para alumni mau,” pungkasnya.

Usai kegiatan, para alumni memberikan cenderamata kepada Wabup Muhammat Pagi dan Istri sebagai bentuk terimakasih atas apa yang telah diberi selama para santri menimba ilmu di Ponpes Al-Falah Mempawah. (pul)