Wow!!! Kapal Raksasa Pengangkut 14 Ribu Ton CPO dengan Mudah Merapat di Pelabuhan Kijing

Mempawah, BorneOneTv.com – Pelabuhan Kijing memang pantas disematkan sebagai pelabuhan internasional, pasalnya kapal dengan draft 10 Low Water Spring (LWS) pun dengan mudah dapat merapat ke dermaga pelabuhan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan itu.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu kapal Rusia dengan draft 10 LWS berukuran raksasa itu berhasil merapat. Mereka mengangkut 14 ribu ton CPO. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Kadishup LH) Mempawah, Suharjo Lie saat diwawancara melalui via seluler, Kamis (31/12/2020).

Dikatakannya, bahwa kapal Rusia tersebut dengan mudah merapat ke dermaga tanpa hambatan. Dengan begitu menandakan bahwa pelabuhan ini sudah sangat layak untuk kapal besar berskala internasional.

“Kapal dengan draft 12 sampai 14 LWS masih bisa merapat. Karena dermaga kita kedalaman dasar laut titik terendahnya 14 meter, sementara tertinggi 23 meter,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk alur masuk kata Suharjo juga sangat memungkinkan, dimana dibagian sebelah utara lebarnya 327 meter sementara dari selatan 294 meter.

“Dulu sebelum ada pelabuhan Kijing ini, kalau kapal pengangkut 14 ton belum pernah merapat ke Pelabuhan Pontianak karena tidak bisa. Caranya dengan kapal kecil mengangkut ke tengah laut secara shift to shift atau bergantian, lalu dimuat ke kapal besar tersebut, sekarang tidak lagi. Karena kapal besar sudah bisa merapat ke Pelabuhan Kijing ini,” pungkasnya. (pul)