Ketua Kadin Kalbar Lantik Pengurus Kadin Singkawang

Begkawang, BorneOneTV.com_Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalbar Santyoso Tio, SH, MH melantik dan mengukuhkan Ketua dan Pengurus Kadin Kota Singkawang Periode 2020-2025 di Hotel Mahkota Singkawang, Sabtu (16/1).

Wadah komunikasi pengusaha ini diharapkan mampu mendorong pergerakan ekonomi Singkawang khususnya dan Kalbar pada umumnya.

Ketua Kadin Kalbar, Santyoso Tio, SH,MH mengapresiasi pelantikan Kadin Singkawang dan berharap Kadin Singkawang dibawah kepemimpinan Andy Syatif mampu berkolaborasi dan bekerjasama dengan pemerintah, UMKM, tokoh agama, tokoh masyarakat, semua pihak dalam mendongkrak perekonomian di segala bidang.

“Kami melihat, Kadin Singkawang ini energik dan bersemanga serta mendapat dukungan dunia usaha. Kami berharap Kadin Singkawang bawah kepemimpinan Andi Syarif semakin maju, ” harap Santyoso Tio, SH, MH.

Guna mewujudkan Indonesia Maju, Kalbar dan Singkawang Maju maka Kadin Singkawang harus bekerjasama dengan semua pihak.

Ia yakin Kadin Singkawang mengambil langkah langkah guna mempercepat pembangunan ekonomi. Namun hal tersebut tak bisa digapai tanpa kerja keras, kerjasama dan kepedulian antar sesama.

“Ingat di Kadin itu tidak digaji, semua bekerja dengan berkorban waktu, energi, berkorban ini itu demi apa. Demi memajukan ekonomi bersama, ” katanya.

Semoga apa yang menjadi harapan mulia kita menuju Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera dapat terwujud.

Sementara, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi keberadaan Kadin Kota Singkawang yang baru saja dilantik.

Sebagai wadah komunikasi yang menaungi pengusaha kedepan agar lebih berfungsi dalam upaya berdama meningkatkan dan mempercepat pemulihan ekonomi.

“Dengan momentum pelantikan pengurus Kadin Singkawang ini akan mempercepat pemulihan ekonomi khususnya di Kota Singkawang dengan bekerjasama, berkolaborasi dengan Pemkot Singkawang, pengusaha, dan stakeholder yang ada” ujar Tjhai Chui Mie.

Ia berharap Kadin juga ikut memilitasi pengusaha pengusaha di Kota Singkawang, IKM dalam rangka bersama sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi Singkawang, kesejahteraan pelaku pelaku IKM. “Sebagai kepala daerah tentu kolaborasi Kadin bersama semua pihak bisa optimal demi terwujudnya Singkawang Hebat, ” jelasnya.

Penekanan lainya, Tjhai Chui Mie berharap Kadin Singkawang mampu untuk pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan optismis pelaku usaha di bidangnya agar tidak lengah dalam kondisi saat ini. “Kita jangan lengah atas kondisi pandemik saat ini. Bekerja, berusaha selalu optimis dengan tetap memperhatikan kesehatan sehingga semua berjalan seimbang demi peningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” katanya.

Ketua Kadin Singkawang periode 2021-2025, Andi Syarif mengatakan Kadin Singkawang akan bergerak cepat dalam menuntaskan pelbagai masalah ekonomi saat ini.

Tentunya, Kadin Singkawang tak bisa berdiri sendiri. Kerjasama dan kolaborasi semua pihak menjadi kunci mewujudkan tujuan bersama yakni memajukan perekonomian daerah hingga nasional.

“Kadin Singkawang akan berkolaborasi dengan pihak terkait diantaranya Pemkot, Keimigrasian, perpajakan, perizinan, BPJS Ketenagakerjaan guna mencapai tujuan dan fungsi dan peran Kadin,” kata Andy Syarif.

Kemudian, Kadin Singkawang akan memprakarsasi kerjasama pengusaha Indonesia-Malaysia. Dimana Kadin akan mendatangkan Dubes Malaysia yang didampingi pengusaha pengusaha Malaysia. “Dalam pertemuan ini nanti kita berkomunikasi, berdialog mencari solusi, menghadirkan peluang, menggali potensi potensi ekonomi termasuk Singkawang khususnya dan Kalbar umumnya, ” katanya.

Selain itu, Kadin Singkawang akan juga menggandeng pelaku UMKM/IKM guna meningkatkan usaha dan kesejateraan. Kadin menganggap pelaku IKM ini sangat penting dan strategis dalam menyangga perekonomian daerah dan nasional.

“Saat industri raksasa, usaha berskala besar tumbang saat krisisi bahkan di era pandemik ini justru IKM mampu bertahan dan tetap bergerak maju. Dan ini akan terus kita lakukan kerjasama guna meningkatkan usaha dan pendapatan bersama,” ujarnya. (L4Y).