Test Kesehatan Terhadap Caba Wan Panda Lantamal XII Pontianak

Pontianak, BorneOneTV.com_Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros., beserta seluruh tenaga medis Dinas Kesehatan Lantamal XII, bertempat di Balai Kesehatan Lantamal XII melaksanakan test tahap pertama terhadap seluruh calon Caba Pria/Wan TNI AL Gelombang 1 Th. 2021 (Panda Pontianak), yang didahului oleh  test terhadap Calon Bintara Wanita yang berjumlah 68 orang, Selasa (26/01).

Tes kesehatan bagi Caba Pria/Wan TNI-AL dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, dilakukan pemeriksaan pada bagian luar tubuh. Pemeriksaan ini meliputi tinggi badan, berat badan, postur, THT, mata, hingga bentuk kaki dan tangan. Selain itu, ada juga pemeriksaan khusus sesuai jenis kelamin, yaitu pemeriksaan alat reproduksi dan payudara pada wanita dan pemeriksaan varikokel serta hernia pada pria.

Tujuannya untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini karena menjadi prajurit TNI  mewajibkan anggotanya memiliki kondisi fisik yang bugar dan bebas dari gangguan kesehatan. Seseorang berpeluang untuk bergabung dengan TNI setelah dinyatakan lulus dari serangkaian tes, termasuk di dalamnya tes kesehatan.

Setelah itu, pemeriksaan masuk pada tahap dua yaitu pemeriksaan bagian dalam tubuh. Dalam pemeriksaan ini, peserta harus menjalani rangkaian tes meliputi pemeriksaan urine, tes darah, serta rontgen. Peserta harus menjalani pemeriksaan urine untuk melihat ada atau tidak risiko penyakit ginjal dan penyakit kencing manis.

Selain itu, itu juga akan diminta menjalani tes darah. Pada pemeriksaan ini, akan dilihat apakah seseorang memiliki kadar asam urat, kolesterol, HB, dan trigliserol yang normal atau tidak. Seseorang dinyatakan berada dalam kondisi yang sehat jika memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang normal, yaitu tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah.

Pemeriksaan dilanjutkan dengan tes organ dalam tubuh, salah satunya dengan rontgen. Pada pemeriksaan ini, akan terlihat apakah seseorang memiliki kelainan atau penyakit pada organ vital seperti jantung, paru-paru, atau organ hati. Beberapa jenis pemeriksaan lain juga akan dilakukan untuk menilai kondisi tubuh. Jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah elektrokardiogram (EKG) dan ultrasonografi (USG).

Proses pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Tim kesehatan dari Diskes Lantamal XII Pontianak, yang dipimpin langsung oleh Kadiskes Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros., beserta seluruh tenaga medis Dinas Kesehatan Lantamal XII, bertempat di Balai Kesehatan Lantamal XII. (L4Y).