Lepas Siswa PKL SMK PDN, Yulianto: Semoga Maksimal Implementasikan Ilmu di Lapangan

Yulianto saat melepas PKL SMK PDN. (Saiful Fuat)

BorneOneTv.com – Sebanyak 40 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) Plus Desa Nusantara (PDN) dilepas untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL), pada Rabu (3/2/2021) pagi, di Halaman Makodim 1204/Sanggau.

Upacara pelepasan tersebut dipimpin Dandim 1204/ Sanggau, Letkol Inf Affiansyah yang diwakili Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Yulianto serta turut dihadiri perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau, Dosen Universitas Nahdatul Ulama Pontianak dan sejumlah pengurus di SMK PDN.

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Dandim Inf Affiansyah yang dibacakan Yulianto, bahwa dengan adanya PKL ini diharapkan siswa-siswi dapat lebih siap dan mengetahui seperti apa gambaran dunia usaha dan dunia industri setelah mereka lulus nanti.

“Serta selalu dapat mengasah dan menambah ilmu pengetahuan yang akan didapat secara langsung nantinya,” ujarnya.

Dandim Inf Affiansyah selaku Bapak Asuh SMK PDN juga menyampaikan harapan besar bagi peserta, bahwa PKL dilaksanakan bertujuan dalam rangka siswa dapat menerapkan langsung etika, skill, tata cara berkomunikasi dan bersosialisasi secara nyata di dunia kerja.

“Tentunya juga untuk mengasah etos kerja yang telah dipelajari selama mengemban ilmu di sekolah ini dan dapat belajar karakter di dunia kerja,” terangnya.

Dandim juga mengatakan, bahwa aplikasinya harus nyata terlihat. Sesuai semboyan yakni berkarakter, mandiri dan siap kerja. Selama enam bulan mengikuti PKL ini, diharapkannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Dari mulai 25 Januari sampai 25 Juli 2021 adalah kesempatan yang sangat berharga diberikan sekolah dan dunia industri. Manfaatkan itu dengan maksimal,” katanya.

Dalam janga waktu enam bulan tersebut, dirinya meminta agar siswa memiliki tanggung jawab, seperti mengisi jurnal kegiatan dan melengkapi persensi melalui jurnal kegiatan. Selanjutnya pada Juli mendatang, siswa dapat menyelesaikan laporan PKL.

“Semua itu harus dikerjakan, karena kelengkapan nilai akhir yang diperoleh dari kumulatif nilai dunia industri dan nilai laporan itu sebagai syarat kenaikan kelas,” tuturnya.

Dandim juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan sesuai harapan.

“Semoga ketulusan kita berbuah hasil yang maksimal ke depan sebagai pelanjut sejarah mengisi kemerdekaan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Yulianto menambahkan, agar para siswa-siswi yang mengikuti PKL ini benar-benar dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari selama menimba ilmu di sekolah.

“Tentunya juga dapat belajar secara maksimal selama mengikuti PKL ini, karena itu menjadi modal untuk meniti karir ke depannya,” terangnya.

Politisi Hanura ini pun mendoakan, agar siswa-siswi yang ikut PKL selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa, diberi kesehatan sehingga dapat mengikuti PKL ini dengan maksimal. (*)

Penulis : Saiful Fuat