Gubernur Kalbar Apresiasi Peran Damkar Swasta Padamkan Karhutla

Pontianak, BorneOneTV.com_Gubernur Kalbar Sutarmidji, S.H., M.Hum menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) Swasta yang berperan dan turut serta membantu aparat dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

“Kami memyampaikan apresiasi dam penghargaan serta mengucapkan terima kasih kepada Damkar Swasta yang berperan dan turut membantu aparat dalam memadamkan Karhutla,” ucap H Sutarmidji, SH, M.Hum, Sabtu (20/2) saat menghadiri Pengukuhan Pengurus DPP MABT Kalbar di Hotel Kapuas Palace.

Dikatakannya, saat ini kebakaran hutan dan lahan adalah hal yang paling mengkhawatirkan. Pemda membutuhkan dukungan dan bantuan, baik dari aparat kepolisian serta militer maupun masyarakat, seperti Armada Damkar Swasta yang dimiliki oleh Yayasan/Perkumpulan maupun Badan/Unit.

“Saya sangat berterima kasih kepada Damkar Swasta yang telah membantu dan berkiprah sebagai pemadam kebakaran karena tanpa bantuan tersebut, kita akan sangat kewalahan untuk mengatasi kebakaran yang saat ini sedang melanda di beberapa titik,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Pontianak melalui akun media sosialnya mengungkapkan maraknya pembakaran lahan di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Mempawah dan menegaskan akan menindak tegas para pelaku pembakaran lahan dan hutan ini.

“Kita akan bertindak dengan menyegel lahan yang dibakar dan tidak boleh digunakan untuk 5 tahun. Pemilik juga akan dikenakan biaya pemadaman dan diproses pidana juga,” tulisnya di laman facebook.

Upaya ini adalah untuk kesehatan warga di wilayah terdampak, dan juga masyarakat Kalbar pada umumnya. “Jika ada Developer yang buka lahan dengan membakar, jangan keluarkan IMB-nya dan saya akan surati Kementerian PUPR agar yang bersangkutan tidak mengerjakan rumah subsidi dan Bank jangan beri akses mereka,” tulis H. Sutarmidji menegaskan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kalimantan Barat di laman Instagramnya, tercatat ada 74 titik panas di Kalbar pada Sabtu, 20 Februari 2021. Dengan sebaran titik panas sebagai berikut, Ketapang 25, Landak 2, Kubu Raya 44, Kota Pontianak 1. (L4Y).