Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar Berikan Bantuan Vitamin Kepada Satgas Karhutla

 

Kubu Raya, BorneOneTV.com_Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Kapolda Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto bersama Pejabat Utama Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar melaksanakan peninjauan lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (28/2).

Dalam peninjaun ini, Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar juga sekaligus memberikan bantuan sembako, vitamin, susu, obat-obatan dan APD kepada Tim Satgas Penanggulangan Karhutla yang terlibat dalam pemadaman Karhutla.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, tugas menangani Karhutla menjadi tanggung jawab kita bersama karena tugas ini yang harus dilakukan dalam rangka melindungi segenap warga masyarakat di wilayah Kubu Raya maupun Kalbar.

“Kita tahu bersama bahwa dampak dari Karhutla sangat tidak baik dan bisa menimbulkan efek kesehatan jangka panjang,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Mantan Aspam Kasad bersama Kapolda Kalbar mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat yang terlibat di dalam Satgas Karhutla ini.

Kemarin, dirinya bersama unsur dari BPBD Dinas KLHK dan Kehutanan, Satpol PP dan Pejabat utama melaksanakan peninjauan udara. Saya lihat sangat parah dari udara tampak titik api yang menimbulkan asap yang sangat banyak. Sudah ratusan  hektar.

“Kita tidak boleh kalah dengan hal ini, tetap semangat tetap bekerja dengan maksimal. Sebagai bentuk kepedulian kami, kami memberikan sedikit sembako dan vitamin untuk rekan-rekan sekalian mudah mudahan dengan adanya bantuan ini menambah semangat dan moril rekan-rekan prajurit TNI Polri dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Kapolda Kalbar Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto mengingatkan kepada prajurit TNI/Polri dan lapisan masyarakat, apa yang sudah diperintahkan oleh Presiden untuk menanggulangi Karhutla ini secara preventif.

“Jadi, saat ini kita melaksanakan upaya- upaya preventif. Cegah api dari kecil jangan sampai membesar. Kami dan Pangdam mengucapkan terima kasih atas kepedulian rekan-rekan sekalian dalam mencegah api ini jangan menjadi besar dan sekaligus juga saya meminta kepada segenap lapisan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Kita semua tahu dampaknya seperti apa. Mari kita laksanakan perintah Presiden untuk menanggulangi karhutla ini,” ingatnya.

(L4Y).