Pangdam XII/Tanjungpura dan Kapolda Kalbar Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan, Akan Tindak Tegas Pelakunya

Kubu Raya,BorneOneTV- Dari informasi yang dihimpun, setidaknya sudah ratusan hektar lahan gambut yang terbakar di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Sungai Raya dan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kebakaran lahan yang terjadi sejak dua pekan lalu, belum juga sepenuhnya bisa dipadamkan.Titik api di sejumlah lahan gambut yang terbakar masih terlihat dan masih dalam upaya pemadaman dari tim satgas pemadam kebakaran, terdiri dari anggota TNI/POLRI, BPBD, Mangala Agni, Satpol PP, serta Masyarakat Peduli Api.

Selain lahan yang terbakar, api juga merambah mendekati kepemukiman warga serta bangunan-bangunan milik pemerintah. Dan sudah 4 (empat) bangunan gedung sekolah milik SMKN 1 Kecamatan Sungai Raya yang ikut terbakar.

Pangdam XII/Tanjung Pura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto beserta jajaran meninjau langsung lokasi titik api serta 4 (empat) bangunan gedung SMKN 1 yang ikut ludes terbakar, pada (28/2/2021).

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, sudah ada puluhan hingga ratusan titik api yang terbakar. “Dirinya berharap agar satgas tidak boleh kalah dan harus tetap semangat untuk melakukan pemadaman,”ujarnya.

Pagdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga memberikan apresiasi kepada satgas yang telah mampu mengamankan beberapa aset milik negara, seperti bangunan sekolah yang bisa diselamatkan dari kebakaran.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto mengatakan,TNI/POLRI beserta masyarakat bersinergi untuk mencegah titik api agar tidak membesar.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan dan apabila dilangar akan ditindak dengan tegas. Sudah ada 4 (empat) kasus yang sedang ditindak lanjuti. Dan untuk kebakaran lahan yang terjadi saat ini, pihaknya akan mencari siapa pelakunya dan akan dilakukan penyidikan,”ucapnya.

Penulis: Dodi Rahman