Tim Satgas Karhutla Berhasil Amankan Aset Pemerintah Dari Ancaman Karhutla

Kubu Raya, BorneOneTV.com_Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melihat secara langsung di lapangan dalam rangka mengetahui sejauh mana kesiapan dan pelaksanaan tugas dari Satgas Penanganan Karhutla di wilayah Kubu Raya ini.

Kami melihat kesiapan pasukan kita sudah hampir 2 minggu disini anggota kita untuk melaksanakan tindakan dan pencegahan serta penanggulangan Karhutla yang ada di wilayah Kubu Raya.

“Saya mengapresiasi kepada Satgas karena satgas ini berhasil mengamankan aset pemerintah diantaranya ada SMA 4 Kubu Raya, SMP 12 dan SDN 5. Alhamdulilah, berkat kesiapan Satgas TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api, Satpol PP dan Komponen Masyarakat lainnya ini bisa segera diatasi bahkan bisa diselamatkan,” ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Dikatakannya, ini suatu hal yang bagus dan ini bukti bahwa TNI/Polri dengan stakeholder lainnya selalu hadir ditengah masyarakat.

“Kami juga mengapresiasi kepada Satgas ini dengan memberikan sedikit bantuan untuk menambah semangat. Diharapkan ini bisa menambah kemauan dan kemampuan dari Satgas yang ada disini,” ujarnya.

Kapolda Kalbar Irjen Pol R Sigid Tri Handjanto mengatakan TNI dan Polri bersinergi dengan masyarakat untuk mencegah api ini tidak menjadi besar, ada titik api langsung dipadamkam sekaligus mensosialisasikan Peraturan Gubernur 103 ini.

“Itu jangan diartikan bahwa dengan adanya Pergub 103 masyarakat boleh membuka lahan dengan cara membakar, boleh membakar tetapi ada persyaratan- persyaratannya, ini sekaligus harus kita sosialisasikan. Kalau itu dilanggar, kita penegak hukum akan tegas. Sudah ada 4 yang kita tindaklanjuti, kita lakukan penyidikan lanjut. Kita tetap tegas dan peristiwa atau kejadian pembakaran lahan yang ada di sekitar sini kita lakukan penyelidikan. Kita cari siapa pelakunya nanti akan kita lakukan penyidikan. Jadi sekali lagi berpesan kepada segenap lapisan masyarakat jangan sampai melakukan pembakaran hutan dan lahan ini karena merugikan kita semua,” ingat Irjen Pol R Sigid Tri Handjanto.

(L4Y).