Tingkatkan Pelayanan, Kantor Imigrasi Terbitkan Eazy Passport

Sanggau, BorneOneTv.com – Dalam rangka peningkatan pelayanan paspor dan inovasi pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi, serta sebagai langkah progresif dalam peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kantor Imigrasi melaksanakan layanan Eazy Passport.

Eazy Passport ini adalah pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dan menuju lokasi pemohon dengan mengunakan mobil layanan paspor keliling atau mobil unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI).

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi (TIKKIM) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Candra Wahyu Hidayat mengatakan, bahwa maksud dan tujuan diterbitkannya surat edaran tersebut sebagai pedoman satuan kerja keimigrasian dalam pelaksanaan layanan Eazy Passport.

“Tujuan diterbitkannya surat edaran ini adalah memberikan petunjuk bagi satuan kerja keimigrasian mengenai pelaksanaan layanan Eazy Passport dalam rangka peningkatan jumlah penerbitan paspor dan penerimaan PNBP,” ujarnya.

Candra juga mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan layanan Eazy Passport diterapkan prosedur pencegahan penularan Covid-19, dengan menyediakan alat pelindung diri bagi petugas dan menerapkan physical distancing.

“Layanan Eazy Passport ini melayani 50 pemohon per harinya. Layanan ini hanya melayani pembuatan paspor RI baru dan penggantian. Tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak,” katanya.

Jadwal layanan kata Candra ditentukan Kantor Imigrasi setempat. Pelayanan ini dilayani di hari kerja dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, atau di luar atau jam hari kerja. Sementara proses penyelesaian paspor empat hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran PNBP sesuai dengan jenis paspor yang dipilih.

“Pemohon layanan Eazy Passport ini dapat diberikan pelayanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama dengan syarat pembayaran PNBP, dilakukan sebelum pukul 13.00 waktu setempat,” jelasnya.

Candra menjelaskan, pengambilan paspor yang sudah dicetak pada Kantor Imigrasi dapat diambil langsung oleh pemohon atau diambil oleh perwakilan instansi, kantor dan komunitas dengan melampirkan surat kuasa atau surat perintah dari pimpinan atau dari para pemohon.

“Bisa juga dikirim melalui jasa PT Pos Indonesia,” pungkasnya. (pul)