Bimtek Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa 2021, Wakil Bupati Sambas Apresiasi Panitia

Sambas, BorneOneTV.com- Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, menghadiri serta membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa se-Kabupaten Sambas di Hotel Dangau Resort Singkawang, Kalbar, Rabu,( 3/ 3/ 2021)

Bimtek dihadiri Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah, Ketua TP PKK kab. Sambas Hj. Lusianah Kosasih, Camat Sambas, Camat Sajat, Serta 144 Orang Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa Kabupaten Sambas yang terdiri dari BPD, Kepala Desa, Perangkat Desa dan LKD se Kabupaten Sambas, mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa Tahun Anggaran 2021.

Acara tersebut digagas oleh Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Sambas bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Sambas, dilaksanakan selama 3 Hari mulai tanggal 3 sampai 5 maret tahun 2021.

Bimbingan teknik ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta keterampilan penyelenggara Pemerintah Desa dalam mengemban tugas, dan fungsi sebagai pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra pemerintah desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat desa.

Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, mengapresiasi panitia yang telah bekerja dengan baik untuk terlaksananya kegiatan ini.

Tujuan dibentuknya LKD adalah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan masyarakat, peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan, pengembangan kemitraan, dan pengembangan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. Ungkap Hairiah.

Wakil Bupati Sambas menambahkan, berharap setelah kegiatan peningkatan kapasitas ini, kedepan dijajaran pemerintah desa dapat menindaklanjuti dengan melakukan langkah positif guna terciptanya sinergitas lembaga-lembaga kemasyarakatan Desa dalam mendukung kegiatan dan pembangunan di Desa masing-masing, ungkap nya.

Ketua Panitia, Zulfan dalam laporannnya juga menyampaikan peserta yang mengikuti bimbingan teknik ini terdiri dari 6 Kecamatan dengan 39 Desa yang terdiri dari 144 Peserta. agar peserta yang hadir dapat menjalani bimbingan teknis ini secara seksama, dan yang disampaikan bisa serap, serta diterapkan dengan baik di Desa masing-masing.Tutupnya.

( Dedi Anggara)