Pemdes Maboh Permai Gelar Apel Siaga Karhutla, Ini Penyampaian Aipda Suprianto

Sekadau, BorneOneTV.com_Memasuki musim kemarau saat ini diberbagai daerah di wilayah Kalimantan Barat mengalami kebakaran lahan serta mengakibatkan kabut asap dalam beberapa hari terakhir.

Kabut asap juga menjadi momok penghambat aktivitas transportasi dalam setiap kegiatan masyarakat baik darat, laut maupun udara.

Selain itu kabut asap juga dapat mengakibatkan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) serta mengganggu jarak pandang dalam berkendara.

Menyikapi hal itu, Polsek Belitang melalui Bhabinkamtibmas Briptu Elfriza menggelar apel siaga Karhutla (Kebakaran Hutan Lahan) di desa binaan Maboh Permai, Jumat, (5/3/2021).

Dalam apel tersebut dihadiri oleh Kanit Binmas Aipda Suprianto, Babinsa Serda Suroso, Kades Maboh Permai Sebastian dan perangkatnya, Sat Linmas serta satgas Karhutla di tingkat Desa.

Kades Maboh Permai Sebastian mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung pencegahan karhutla dan tetap semangat menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya Briptu Elfriza juga mengingatkan kepada warga desa untuk saat ini sudah terjadi kabut asap dibeberapa wilayah dan juga merupakan kiriman dari daerah lainnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan maupun lahan khususnya di desa Setuntung Kecamatan Belitang.

Kemudian Aipda Suprianto berharap kepada seluruh elemen masyarakat dan Pemdes untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah karhutla.

Aipda Suprianto juga mengatakan bahwa Kepolisian telah menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2021 dalam rangka pencegahan Karhutla sudah dimulai sejak tanggal 5 s/d 25 Maret 2021.

“Apabila masyarakat hendak membakar lahan untuk bercocok tanam segera lapor kepada pihak Kepolisian dan Pemdes agar dilakukan pengawasan pada saat pelaksanaan,” ujar Aipda Suprianto.

(Rilis)