Lomba Tembak Salah Satu Upaya Meningkatkan Kualitas dan Mental Tangguh Petembak Kodam XII/TPR


Singkawang, 28 Maret 2021S

Singkawang, Borneo netv.com- Lomba Menembak Senapan Satpur dan Satbanpur Jajaran Kodam XII/Tpr yang digelar di Lapangan Tembak Rindam XII/Tpr telah selesai dilaksanakan. Acara penutupan lomba dipimpin oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang diwakili oleh Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Washington Simanjuntak, S. Hub. Int., berlangsung di Lapangan Tembak Rindam XII/Tpr dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lomba Tembak terbagi dalam dua kategori yakni Menembak Tepat Perorangan (terdiri dari 3 sikap yakni tiarap, duduk dan berdiri) dan Menembak Cepat Perorangan masing-masing dengan jarak 100 meter. Dari hasil perlombaan untuk kategori Menembak Tepat Perorangan, Prada Awal Feriadi dari Yonif 642/Kapuas tampil sebagai juara I dengan nilai 283,007. Juara II diraih oleh Pratu Robby Ikbal Siregar (Yonif R 641/Bru) dengan nilai 283,006 dan juara III diraih oleh Pratu Vabwo Onni E. Sihombing (Yonif R 641/Bru) dengan nilai 283, 003. Kategori Menembak Cepat Perorangan juara I diraih oleh Serda Aprija Alle (Yonif 645/Gty) dengan nilai 44.002 dan juara II diraih oleh Pratu V Onni E.S (Yonif R 641/Bru) dengan nilai 43.002, sedangkan juara III diraih oleh Pratu Robby Ikbal S (Yonif R 641/Bru) dengan nilai 42.001.

Yonif R 641/Bru tampil sebagai Juara Tim dengan nilai 86,45 disusul Yonarmed 16/Kpst sebagai juara II dengan nilai 78,20 dan Yonif 645/Gty sebagai juara III dengan nilai 72,58.

Dalam amanatnya, Pangdam XII/Tpr menghimbau agar lomba menembak ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi masing-masing satuan sehingga untuk kedepannya dalam pembinaan satuan di lingkungan jajaran Kodam XII/Tpr dapat lebih maksimal terukur dan terencana, sehingga para atlet dan bibit-bibit para petembak dapat berlatih secara maksimal. Karena untuk mencapai prestasi terbaik dan membanggakan, diperlukan proses latihan yang terprogram, sesuai dengan tujuan dan sasaran yang akan dicapai.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Pangdam dalam amanatnya, kegiatan ini hendaknya dijadikan sebagai pemicu motivasi, semangat pantang menyerah dan kemauan yang tinggi dalam berlatih oleh para petembak satuan jajaran Kodam XII/Tpr, karena keberhasilan prajurit adalah kebanggaan prajurit itu sendiri, keluarga dan satuan. Keberhasilan diperlukan latihan yang terukur dan terencana, dan secara otomatis akan meningkatkan kualitas dan mental tangguh para petembak, sehingga diharapkan para petembak Kodam XII/Tpr mampu bersaing dengan para petembak di jajaran TNI AD bahkan tingkat yang lebih tinggi. Selamat kepada para atlet yang berhasil meraih predikat juara dan bagi yang belum berhasil tentunya ini adalah tantangan tersendiri untuk tampil lebih baik kedepannya”, terang Danrindam XII/Tpr. ( Pen Rindam XII/ TPR).