Gubernur Kalbar Terima Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalbar

Pontianak, BorneOneTV.com_Gubernur Kalbar H. Sutarmidji,S.H., M.Hum beraudiensi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat Dr. Edih Mulyadi, S.E., M.Si. di Ruang Kerja Gubernur Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (1/4).

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar Edih Mulyadi mengatakan, dari pertemuan tadi diinformasikan kepada Gubernur untuk kondisi terkini terkait penyerapan berbagai dana TKDD baik itu dana desa, DAK fisik, maupun dana BOS.

“Tak hanya itu, tadi juga saya sampaikan bahwa kami setiap tiga bulan menerbitkan kajian fiskal regional. Nah, untuk tahun 2020 ada kerjaan fiskal tahunan di tahun ini yang akan kita diseminasikan dan Pak Gubernur kami minta untuk menjadi keynote speech pada acara nanti. Karena kajian fiskal regional yang akan kami tampilkan itu merupakan rangkuman dari regional di Kalimantan Barat,” ujar Edih Mulyadi.

Masih kata Edih Mulyadi, dari hasil itu maka akan terlihat sejauh mana penyerapan dana tersebut hingga dampak dari perekonomian di Kalimantan.

“Dan Alhamdulillah bapak Gubernur sangat mendukung dengan beberapa hal yang kami lakukan, karena kami berkomitmen diperbendaharaan sebagai achiev ekonomi di wilayah Kalimantan Barat,” kata dia.

Terakhir Edih mengatakan, sebagai perpanjangan Kementerian Keuangan di Kalimantan Barat, diminta untuk memberikan masukan-masukan bagi pemerintah daerah.

“Sebagaimana di daerah itu bisa bersinergi dengan kami, karena kalau kita lihat ketergantungan daerah itu kan relatif tinggi. Artinya, hampir 70 persen secara keseluruhan dana yang dibelanjakan di daerah itu berasal dari pemerintah pusat, baik itu dana yang datang ke daerah merupakan satuan kerja dari pusat, atau memang dana transfer berupa TKDD seperti, DAU, DAK, dan dana Desa,” tutupnya.

(L4Y).