Berikan Kemudahan, Kantor Imigrasi Sanggau Terapkan Layanan di Hari Libur

Layanan Paspor Simpatik. Layanan ini mempermudah masyarakat karena diberikan pada hari libur kerja.

Sanggau, BorneOneTv.com – Untuk memberi kemudahan dalam pelayanan masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau menerapkan program Layanan Paspor Simpatik. Program ini adalah layanan paspor yang dilakukan di hari libur yang ditentukan oleh kantor imigrasi.

Kepala Seksi (Kasi) Tikkim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Candra mengatakan, bahwa Kanim Sanggau memberikan quota untuk Layanan Paspor Simpatik sebanyak 20 pemohon. Pemohon bisa datang langsung (walk in) ke Kanim tanpa harus melakukan pendaftaran antrian paspor secara online melalui APAPO (Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online).

“Prinsip ini sama dengan prinsip pelayanan paspor di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sudah berjalan sejak Desember 2020,” ujar Candra, Selasa (6/4/2021)

Prinsip pelayanan dalam Layanan Paspor Simpatik ini kata Candra adalah First Come First Served, di mana pemohon yang mendaftar duluan akan menjadi prioritas untuk dilayani terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan prinsip antrian dalam APAPO, di mana pemohon bisa menentukan sendiri kapan waktunya datang ke Kantor Imigrasi.

“Untuk Layanan Paspor Simpatik Kantor Imigrasi Kelas II TP Sanggau hanya melayani permohonan paspor baru dan penggantian karena habis masa berlaku dan halaman penuh. Untuk penggantian karena rusak atau hilang hanya bisa diajukan di hari kerja,” terangnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon untuk pemohon paspor baru adalah e-KTP, KK, Akta Kelahiran/Akta Perkawinan/Buku Nikah/Ijazah dan Penetapan Ganti Nama bagi yang melakukan ganti nama. Sedangkan untuk penggantian paspor lama yang diterbitkan mulai 2009 ke atas cukup melampirkan Paspor lama dan e-KTP.

“Untuk penggantian paspor lama yang diterbitkan sebelum 2009 harus melampirkan persyaratan sebagaimana permohonan paspor baru,” terangnya.

Biaya dari Layanan Paspor Simpatik ini adalah sebesar Rp350 ribu, pembayaran dapat dilakukan melalui Bank atau kantor post. Pembayaran harus dilakukan paling lambat tujuh hari setelah menerima billing untuk pembayaran.

“Paspor akan selesai dicetak tiga hari setelah dilakukan pembayaran. Setelah selesai cetak, paspor harus diambil dalam waktu 30 hari. Apabila tidak diambil dalam kurun waktu tersebut maka paspor akan dibatalkan oleh Kepala Kantor Imigrasi,” ungkap Candra.

Candra juga mengatakan, pengambilan paspor bisa dilakukan secara mandiri atau dikirim via kantor post dengan catatan telah melakukan pembayaran jasa pengiriman paspor di kantor post bersamaan saat melakukan pembayaran paspor via kantor post.

“Layanan Paspor Simpatik ini sebagai wujud kepedulian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang tidak bisa datang ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau di hari kerja,” terangnya.

Dalam melakukan Layanan Paspor Simpatik ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dan diharapkan masyarakat yg ingin menerima layanan ini juga menerapkannya secara disiplin.

“Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan sesuai yang telah dianjurkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini,” pungkasnya. (pul)