Babinsa Koramil 1207-10/Terentang Hadiri Deklarasi ODF (Open Defecation Free).

Kubu Raya,BorneOneTV- Pemerintahan Desa Terentang Hilir mengelar Deklarasi ODF (Open Defecation Free) “Stop Buang Air Besar Sembarangan”. Acara berlangsung di Aula Kantor Desa Terentang Hilir Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya, Rabu (07/04/2021).

Hadir dalam acara tersebut Kadis Kesehatan KKR Marijan Spd M kes, Camat Terentang Supriadi SE, Kepala Puskesmas Terentang, Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Terentang, Babinsa Sertu Arman, Bhabinkamtibmas Brigpol Jarwo, Perwakilan desa se-Kecamatan Terentang, Kadus,Rw, RT, se-Desa Terentang Hilir,Tokoh Masarakat dan Masyarakat Terentang Hilir.

Dalam sambutanya, Kades Terentang Hilir Heri Yulianto mengatakan,”Desa Terentang Hilir merupakan Desa yang Masyarakatnya telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan Tempat, Sebelum deklarasi ini di laksanakan,telah dilakukan verifikasi ODF oleh Tim Verifikator Puskesmas Terentang, dengan cara mengunjungi langsung Rumah warga, melakukan wawancara serta meninjau lokasi jamban.

“Apa yang kita raih hari ini merupakan proses yang panjang,Merubah Kesadaran dan Prilaku Buang Air Besar Sembarangan atau BABS Bukan hal mudah,Trimakasih kepada semua pihak yang sudah bersinergi manjadikan Desa Terentang Hilir ini menjadi Desa ODF,”tambah Kades Terentang Hilir.

Dalam kesempatanya, Kadis Kesehatan KKR Marijan Spd M kes Mengatakan,”Deklarasi ODF ini Merupakan awal untuk Menuju Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Serta Menuju Masyarakat yang sehat”,ujarnya.

Dan dalam sambutannya, Camat Terentang Supriadi SE mengatakan,”bukan hal mudah mendapatkan setatus ODF,Karna banyak sekali kondisi lapangan yang tidak sesuai dengan harapan kita,atas pencapaian ini kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas dukungannya”,Ungkap Camat Terentang.

Babinsa Sertu Arman”Berharap untuk kedepanya Deklarasi ODF ini Bisa Menjadikan Desa Terntang Hilir Menjadi Desa yang Msayarakatnya Sehat semua,Serta menjadi contoh desa desa lainy di Kecamatan Terentang,”ujarnya.(Dodi).