HMI Sanggau Harap Generasi Milenial Tanamkan Nilai Pancasila

HMI Sanggau

Sanggau, BorneOneTv.com – Seiring berkembangnya zaman, banyak masyarakat yang lupa dengan bunyi Pancasila, apalagi mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Maka dari itu, di pendidikan dasar terdapat materi yang mempelajari tentang Pancasila. Selain itu, setiap upacara bendera juga diucapkanlah secara bersama-sama bunyi Pancasila.

Tim formatur HMI Sanggau, Peniyuliani mengatakan, bahwa generasi milenial kini berada di usia produktif yang memiliki peranan penting untuk kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa depan.

“Berkembang pesatnya globalisasi dan digitalisasi menjadikan generasi ini unggul dalam hal kreativitas dan kemudahan dalam menghubungkan dirinya dengan dunia luar,” ujarnya.

Sayangnya kata Peni keunggulan ini banyak dilihat milenial sebagai sesuatu yang membuka ruang untuk menginginkan segalanya, serba instan dan interaksi antarbudaya yang terbuka mengakibatkan generasi ini mudah dipengaruhi oleh pikiran dan perilakunya.

“Perilakunya dinamis dan fleksibel. Maka di titik inilah Pancasila relevan dan berperan penting untuk kita generasi milenial,” terangnya.

Proses pengamalan Pancasila inilah yang terkadang berhenti di tengah jalan. Pancasila tidak dijalankan dengan sepenuh hati, akhirnya Pancasila hanya menjadi sebuah slogan.

“Kesadaran dari pribadi masing-masing untuk menanamkan nilai Pancasila kepada dirinya sendiri dan orang lain merupakan dasar kehidupan Pancasila. Melalui pengamalan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, maka tujuan dari sebuah negara akan tercapai,” tambahnya.

Generasi milenial harus sadar bahwa nilai-nilai Pancasila yang ditanam, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, keadilan sosial, patriotisme, nasionalisme, menghormati perbedaan bukan hanya untuk dihafal, namun terlebih dan paling penting adalah untuk diterapkan pada diri sendiri dan menebarkannya kepada generasi milenial lain yang sama-sama berperan penting dalam menciptakan Indonesia yang damai, aman dan tentram.

“Sila-sila dalam Pancasila tidak dapat dilaksanakan atau diamalkan secara terpisah, karena merupakan satu kesatuan yang utuh dan berkaitan satu sama lain,” ungkapnya.

Peni mengatakan, sebagai warga negara harus menunjukkan penghargaan kepada nilai-nilai Pancasila dalam segala bidang kehidupan dengan mempertahankan Pancasila.

“Mempertahankan ideologi Pancasila berarti melaksanakan dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

HMI sendiri jelas Peni telah melakukan kegiatan berbentuk seminar di aula graha Wiratama polres Sanggau dengan tema “Reorwntasi Nilai-Nilai Pancasila” diikuti dari kalangan organisasi kepemudaan yang ada di Sanggau dan di isi pemateri  Plt Kadis Porapar dan  Sekwan serta Kapolres Sanggau.

“Kegiatan ini mengajak organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Sanggau sebagai kaum melenial untuk dapat berperan, berusaha dengan langkah-langkah kongkrit menciptakan situasi di era digital dan moderenisasi. Dapat dicontohkan dengan mengadakan kegiatan seminar, forum discusi mau tindakakan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya. (pul)