Tinjau Pembangunan Drainase di Semboja, John Hendri: Pengerjaan Berjalan Lancar

Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA), John Hendri saat meninjau pembangunan drainase di Semboja, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Sanggau, BorneOneTv.com – Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Sanggau, John Hendri melakukan peninjauan proyek pembangunan drainase di sekitar tanjakan Semboja, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (20/4/2021).

Dikatakan John Hendri, bahwa peninjauan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya dalam pengawasan terhadap proyek di jalan yang berstatus nasional tersebut yang sudah dikerjakan kurang lebih tiga minggu ini.

“Dari peninjauan kita, semua pengerjaan sudah sesuai perencanaan dan tidak ada masalah berarti yang dihadapi. Semuanya lancar,” ujar John saat diwawancarai usai melakukan peninjauan.

John juga menceritakan, bahwa proyek drainase ini bentuk kehadiran pemerintah dalam merespon keluhan masyarakat, dikarenakan lokasi itu kerap terjadi banjir apabila hujan deras datang.

“Asal muasal pekerjaan ini ada dari desakan masyarakat. Karena lokasi ini sering banjir apabila ada hujan deras. Apalagi posisinya jalan ini berada di tanjakan. Hal itu disebabkan ketidak mampuan drainase menampung debit air,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya kata John melakukan komunikasi ke Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JM) yang merupakan kaki-tangan Kementerian PUPR yang ada di Pontianak.

“Komunikasi berjalan lancar sehingga tebangunlah pengerjaan gorong-gorong ini. Tentu kita harapkan ini dapat mengatasi persoalan yang ada di sini,” katanya.

Untuk diketahui kata John bahwa drainase ini dibangun sepanjang 134 m, lebar dan tinggi masing-masing satu meter. “Kita juga membuat drainase yang bentuknya serong. Maksud tujuannya agar ada pembagian debit air apabila terjadi hujan. Airu tersebut nanti akhirnya akan mengalir langsung ke Sungai Kapuas,” tuturnya.

John pun meyakini, bahwa dari panjang dan lebarnya drainase yang dibangun ini dapat dapat mengatasi permasalahan banjir yang ada, sehingga keluhan masyarakat selama ini dapat teratasi. (jb)