Ingatkan Fokus Persiapan PON XX di Papua, Gubernur Kalbar Buka Raker KONI Kalbar

Kamis, 6 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com – Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, berpesan, agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)Kalbar memperhatikan betul segala persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua, dan perhelatan PON XX Papua sudah tidak lama lagi.

Persiapannya harus disiapkan jauh hari dan sebaik mungkin. Kita tampilkan cabang olahraga yang betul-betul bisa mengharumkan nama Kalbar,” ingat . Sutarmidji, S.H., M.Hum, saat membuka Rapat Kerja (Raker) KONI Kalbar Tahun 2021 secara virtual melalui konferensi video, di kediaman Gubernur Kalbar, Kamis, (6/ 05/ 2021).

H. Sutarmidji menambahkan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami bersama.

Pemprov Kalbar akan menyiapkan dari sisi pembinaan yang lebih intensif untuk cabang-cabang yang pernah membuat Kalbar berjaya, seperti cabang angkat berat, bola voli, balap sepeda, dan lain-lain.

Masih kata H. Sutarmidji, pada cabang-cabang tersebut sebenarnya bisa diandalkan untuk meraih medali. Caranya adalah dengan pembinaan serius. Beberapa jenis cabang olahraga yang dia pantau, memiliki potensi untuk dibina lebih lanjut.

Sebenarnya atlet kita sudah berkiprah di level nasional, namun tidak dilakukan pembinaan yang intensif,” kata dia.

Lebih lanjut dijelaskan mantan Wali Kota Pontianak dua periode tersebut, di saat dirinya memimpin Kota Pontianak, GOR bulutangkis di Jalan Tabrani Ahmad Pontianak sengaja disiapkannya sarana dan prasarana untuk tempat pembinaan dan latihan cabang angkat besi.

Dia berpandangan bahwa di masa mendatang KONI Kalbar dapat memacu setiap Kabupaten/Kota supaya memiliki olahraga andalan.

Dalam hal ini Dispora juga harus diperkuat, sehingga bisa melahirkan cabang olahraga andalan dan bisa membawa nama Kalbar di kancah nasional maupun internasional. Saran saya juga agar Dispora mempunyai kegiatan-kegiatan yang diprogramkan, sehingga bisa memudahkan kita untuk mencari bibit-bibit,” tambah dia.

Gubernur Kalbar mengatakan, Kalbar sedang mengkaji usulan untuk menjadi tuan rumah PON selanjutnya. Dia menegaskan, Kalbar harus belajar dari DKI Jakarta yang telah membayar biaya pengusulan sebagai tuan rumah Formula E, namun akhirnya menjadi masalah.

Tetapi saya sangat mendukung dan mudah-mudahan kajian ini bisa secepatnya disiapkan. Selanjutnya, Kalbar bisa mengusulkan sebagai tuan rumah PON XXI,” ujarnya. (L4Y).