Dandim 1207/BS Dampingi Pangdam XII/Tpr Tinjau Pos Penyekatan dan Posko PPKM Mikro

Minggu, 16 Mei 2021

Kubu Raya, Borneonetv.com- Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. mendampingi Panglima Kodam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau Pos Penyekatan Mudik Lebaran di Terminal antar kota Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara dan Posko Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di Dusun Mega Blora Desa Mega Timur dan Pos Penyekatan Mudik lebaran di Bundaran Tugu Alianyang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Kalbar,  Minggu, (16/ 5/ 2021).

Kunjungan Kerja Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad pada hari ini dalam rangka melihat secara langsung para pemudik yang melintas di Pos Pam Penyekatan Batu Layang.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, Pada H+3 lebaran masyarakat yang sebelumnya keluar dari Kota Pontianak dan Kubu Raya sudah mulai kembali.

“Bersyukur, dari hasil pengambilan sampel 60 orang pemudik menggunakan Gnose itu hasilnya negatif dan belum ditemukan pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dari hasil peninjauannya.

Usai meninjau Pos Penyekatan di Batulayang Pangdam XII/Tpr meninjau Pos Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Dusun Mega Blora Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya.

Pengecekan ini dilakukan berkaitan dengan saat ini di Dusun Mega Blora terdapat beberapa warganya yang sedang melaksanakan isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya rombongan Pangdam XII/Tpr melanjutkan peninjauan menuju Pos Penyekatan mudik di Bundaran Tugu Alianyang Jl. Tran Kalimantan Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

“Upaya ini juga dilakukan oleh TNI-Polri untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyekatan mengantisipasi masyarakat yang akan melaksanakan Mudik” Ungkap Pangdam

Lanjut Pangdam, Satgas Penyekatan akan terus bekerja untuk melakukan pengawasan terhadap para pemudik. Selain itu berharap kepada masyarakat untuk ikut bekerja sama membantu pemerintah mencegah Covid-19 dengan cara selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Dengan adanya kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 dengan pemberlakuan larangan mudik lebaran tahun ini, tentunya juga akan mengurangi arus lalu lintas di jalanan” Pungkas Pangdam

Sementara, Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. menyampaikan, pengecekan Pos Larangan Mudik tersebut merupakan agenda Pangdam XII/Tanjungpura ke seluruh Pos-pos Pam yang ada di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya guna melihat kesiapan anggota dan kinerja sekaligus melakukan pengecekan di pos pemeriksaan Swab Antigent.

“Upaya itu juga dilakukan oleh TNI- Polri untuk mencegah Covid-19 dengan penyekatan mengantisipasi masyarakat yang akan melaksanakan Mudik” jelas Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M.

Menurutnya, Upaya itu dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyekatan masyarakat yang akan melaksanakan Mudik.

Dandim menambahkan, Agar kiranya mengingatkan kembali terkait kewaspadaan personil saat melaksanakan tugas di Pos Pam dan Pos pelayanan serta berperan aktif meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas.

“Kegiatan tersebut agar selalu menerapkan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19” ujar Dandim

Menurut Dandim, Keberadaan Pos penyekatan arus mudik di Pos Pam Batulayang dan Pos Pam Alianyang sudah sangat baik, sarana dan prasarana di pos tersebut sudah sangat cukup memadai.

Harapannya dengan adanya Pos Penyekatan Arus Mudik di Perbatasan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya ini di harapkan dapat menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Barat. Pungkas Dandim

Selain Dandim 1207/BS yang mendampingi Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga ikut mendampingi adalah Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Jaka Budi Utama, Irdam XII/Tpr Brigjen Widyoseno, Kapok Sahli Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Ita Jayadi, Para Asisten Kasdam XII/Tpr, Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran, Kapolresta Pontianak Kombes Pol. Leo dan Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana. (L4Y).