Wagub Kalbar Ajak Masyarakat Ikuti Perkembangan Teknologi

Kamis, 20 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan., M.M., M.H., menghadiri sekaligus membuka acara Peluncuran Indonesia Makin Cakap Digital 2021 Provinsi Kalimantan Barat, di Hotel Mercure Pontianak, Kalbar, Kamis, (20/ 5/ 2021).

Kegiatan ini sebelumnya dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan disiarkan secara langsung melalui platform Zoom.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan, tantangan di ruang digital semakin besar dan bahkan sangat besar. Konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat.

“Hoax, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital, perlu terus diwaspadai, karena mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa. Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif, dan membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten Positif,” ajak Presiden Joko Widodo.

Dirinya juga mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia terus meningkatkan kecakapan digital masyarakat, agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik, menyejukan, dan menyerukan perdamaian.

“Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas, dan perbanyak UMKM,” harapnya.

Sementara, Wagub Kalbar, H. Ria Norsan mengimbau kepada masyarakat untuk melihat perkembangan kemajuan ilmu teknologi saat ini. Apabila sebagai masyarakat dan warga negara yang baik dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.

“Karena kalau kita sebagai masyarakat dan sebagai warga negara yang baik tidak bisa mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, maka kita akan ketinggalan,” ujar H Ria Norsan.

Dikatakannya, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat dan masif. Hal tersebut membawa bangsa ini menuju era digital, mobile, dan dunia maya yang hampir-hampir tidak mengenal batasan ruang dan waktu.

Mantan Bupati Mempawah menambahkan, saat situasi berubah menjadi lebih menitikberatkan pada pemanfaatan teknologi digital, maka transformasi digital merupakan suatu fenomena yang tidak dapat dihindari.

“Siap atau tidak kita semua harus turut menyongsong transformasi digital dengan baik. Kita jangan melihat masa yang lalu, Kalau kita bicara masa yang lalu, kita akan ketinggalan. Masa yang lalu adalah kenangan, masa sekarang adalah kenyataan. Sekarang yang harus kita pikirkan adalah masa yang akan datang, yaitu harapan. Harapan kita Indonesia, Kalimantan Barat semakin maju dalam bidang IT,” harap H. Ria Norsan.

Kemudian Orang nomor dua di Kalbar ini juga mengajak masyarakat untuk melihat dengan teknologi agar tidak tertinggal. Saat ini semua tak jauh dari teknologi informasi. Dia mencontohkan situasi pandemi yang memaksa seluruh elemen pendidik dan siswanya untuk belajar melalui platform digital.

“Semuanya serba IT. Misalnya, kita sekarang sekolah belajar pakai online, kemudian kuliah pakai online. Kalau kita tidak mau melek (melihat) dengan teknologi, maka kita akan ketinggalan. Mari kita harus melek (melihat) dengan teknologi, ikuti perkembangan zaman teknologi, sehingga kita akan bisa maju,” ajak Wakil Gubernur. (L4Y).