Paripurna Istimewa Penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemprov Kalbar TA 2020

Jumat, 21 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalbar menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka Penyerahan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2020 diruang Balairungsari DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Jumat, (21/05/ 2021).

Paripurna Istimewa ini dipimpin Ketua DPRD Kalbar M.Kebing L dan didampingi para Wakil Ketua DPRD Kalbar dan dihadiri oleh Gubernur Kalbar H.Sutarmidji, S.H,M.Hum beserta jajarannya.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia(BPK RI) Prof.H.Harry Azhar Azis,M.A,Ph.D,CSFA,CFrA  mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) disimpulkan bahwa Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2020 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah ( SAP ) berbasis Akrual, telah diungkapkan secara memadai, dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material, serta pelaksanaan program dan kegiatan serta pelaporan keuangan tahun 2020 telah didukung dengan SPI yang efektif.

“BPK RI menyimpulkan bahwa Opini atas Laporan Keungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2020 adalah ” Wajar Tanpa Pengecualian ” jelas Prof.H.Harry Azhar Azis,M.A,Ph.D,CSFA,CFrA.

Dengan raihan opini ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dipandang berhasil dalam peningkatan akuntabilitas keuangan melalui penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Disamping itu, hasil pemeriksaan yang diserahkan BPK-RI juga berisi beberapa rekomendasi agar segera ditindaklanjuti oleh Gubernur Kalimantan Barat beserta jajarannya selambat-lambatnya dalam 60 hari setelah Laporan Hasil Pemeriksaan ini diserahkan sesuai dengan Pasal 20 ayat (3) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara. (L4Y).