Gubernur Ajak PW Muhammadiyah Dongkrak IPM Kalbar

Sabtu, 22 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum mengatakan, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar masih berada di ranking ke-30 dari 34 provinsi di Indonesia. Ini artinya, Kalbar masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk turut serta membantu pemerintah dalam membangun sumber daya manusia, agar ke depan dapat mencapai IPM di angka 71,” ajak H. Sutarmidji, S.H., M.Hum saat menghadiri Silaturahmi  Idul Fitri 1442 H bersama Pengurua Wilayah (PW) Muhammadiyah Kalbar secara Virtual melalui konferensi video di Ruang Data Analitik, Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu, (22/ 5/ 2021).

Gubernur Kalbar mengingatkan ini menjadi perhatian kita semua, sehingga bidang ekonomi, bidang kesehatan, dan pendidikan, ini semua menjadi indikator-indikator untuk peningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dan ini semua ada di dalam kegiatan organisasi PW Muhammadiyah Kalbar.

Atas nama Pemprov Kalbar beserta Jajaran mengucapkan Selamat Idul Fitri 1442 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, serta seluruh jajaran Muhammadiyah maupun undangan yang hadir pada acara tersebut,” ucapnya.

Midji juga berharap kepada Organisasi Muhammadiyah untuk terus meningkatkan kiprahnya didalam Pembangunan Sumber daya manusia maupun perekonomian Kalimantan Barat.

Dari sisi ekonomi, kondisi Kalbar sekarang ini sangat mengembirakan karena per kuartal pertama tahun 2021 sudah terbaik se-Kalimantan. Dari sisi PDRB, Kalbar berada di peringkat Kedua se-Kalimantan. Hal ini, kata Gubernur, ditopang oleh sektor pertambangan dan industri CPO.

Hasil CPO sudah tercatat di Kalbar, sehingga tampilan perekonomian Kalbar menjadi lebih bagus. Untuk itu, perlu juga mengimbanginya dengan sektor-sektor terbarukan lainnya, seperti pertanian, kehutanan, dan lain sebagainya,” papar dia.

Kepada Perguruan Tinggi Muhammadiyah, dirinya berharap agar bisa membuat inovasi-inovasi dan penemuan baru yang bisa dikembangkan untuk menjadi andalan dalam membangun perekonomian Kalbar.

Sehingga pelan-pelan dari sekarang walaupun masih bagus untuk meninggalkan sektor pertambangan kemudian berpindah ke sektor diluar pertambangan untuk memacu perekonomian Kalbar,” harapnya.

Selain itu, Mantan Wali Kota Pontianak mengharapkan program kerja Pimpinan Wilayah Muhammadiyah bisa selaras dengan RPJMD Pemprov Kalbar maupun Program Kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar sampai 5 September 2023. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mempercepat terwujudnya program Kesejahteraan Masyarakat.

Kepada seluruh jajaran Muhammadiyah Provinsi Kalbar dan Pusat mari kita bersinergi untuk percepatan pembangunan Kalbar,” ujarnya.

Ungkapan Terima Kasih Gubernur Kalbar terhadap jajaran Muhammadiyah yang sangat mendukung bagaimana sukses untuk menjaga protokol kesehatan. Tak lupa, dia mengajak insan Muhammadiyah untuk bersama-sama konsisten menjalankan protokol kesehatan.

Mari kita tetap harus pakai masker tidak bisa tidak, harus jaga jarak, dan harus tidak bersentuhan,” ajar Gubernur.

Sementara, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar Dr. Pabali Musa, M.Ag  mengucapkan terima kasih atas perhatian Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Gubernur Kalbar serta seluruh pengurus Muhammadiyah yang dapat hadir di acara ini dan mengucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Silaturahmi Idul Fitri Muhammadiyah Kalbar ini menghadirkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si. yang akan memberikan tausyiahnya secara daring.

Selain itu, Silaturahmi ini diawali  laporan panitia oleh Dr. Doddy Irawan, S.T., M.Eng, sambutan dari Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalbar DR. Pabali Musa, M.Ag dan Sambutan dan arahan dari Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. (L4Y).