Pesan Wali Kota Saat Buka Karya Bakti TNI Kodim 1207/BS Tahun 2021 di Wilayah Kota Pontianak

Senin, 24 Mei 2021

Pontianak, Borneonetv.com- Upacara pembukaan Karya Bakti TNI Kodim 1207/BS tahun 2021 telah resmi dinyatakan dibuka Oleh Wali Kota PontianakH Edi Rusdi Kamtono di lapangan sepak bola Jalan Ujung Pandang Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota, Kalbar, Senin, (24/ 5/ 2021)

Upacara pembukaan Karya bakti juga menerapkan Protokol kesehatan Covid 19, seperti memakai Masker, pemeriksaan Suhu tubuh, dan Pemakaian Hand sanitizer sebelum memasuki tempat Upacara.

Pembukaan karya bakti TNI Kodim 1207/BS dibuka secara langsung oleh Wali Kota Pontianak dilanjutkan pemeriksaan pasukan dan Penyerahan Alat Kerja Kepada Perwakilan Penerimaan alat kerja kepada Personel Kodim 1207/BS dan Perwakilan Masyarakat dari Kecamatan Pontianak Selatan.

Wali Kota Pontianak H Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, Karya Bakti TNI merupakan wujud kepedulian TNI dalam mewujudkan cita-cita Nasional yaitu masyarakat yang adil, makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dimana salah satu bentuk kegiatan adalah ikut andil dalam pembangunan masyarakat Desa/Kelurahan melalui program Karya Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu atas pendanaan dari APBD Pemerintah Kota Pontianak.

Karya Bhakti ini akan dilaksanakan di 5 wilayah Kecamatan mulai Kecamatan Pontianak Utara, Kecamatan Pontianak Selatan, Kecamatan Pontianak Barat, Kecamatan Pontianak Kota dan Kecamatan Pontianak Timur dengan batas waktu sampai selesai pekerjaan sesuai dengan volume sasaran masing-masing,” kata H Edi Rusdi Kamtono.

Dalam kegiatan tersebut tentunya akan dilaksanakan secara terpadu dengan Instansi terkait sesuai fungsi yang akan dikoordinasikan secara melekat.

Disinilah salah satu bentuk keterpaduan dan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat dan Pemerintah Kota Pontianak serta seluruh komponen bangsa lainnya,” ingatnya.

Wali Kota berharap kepada seluruh masyarakat dan seluruh Instansi terkait untuk bersama-sama saling membantu dalam kegiatan Karya Bhakti Kodim 1207/BS tahun 2021 dengan Pemerintah Kota Pontianak ini.

“Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat dan seluruh komponen bangsa ini agar tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan sehingga kita semua tetap sehat walafiat,” pesannya.

Sementara Komandan Kodim 1207/BS Pontianak, Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. mengatakan, Karya Bakti dalam rangka Serbuan Teritorial ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial TNI AD dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama Prajurit TNI dengan Pemerintah dan Komponen Masyarakat, sehingga dengan harapan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah lebih baik lagi.

Karya Bhakti TNI ini berbeda dengan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang biasa dilakukan, “Kalau TMMD itu biasa dipatok dengan waktu yang telah ditentukan, tapi kalau Karya Bakti ini kita bisa lakukan sepanjang tahun” terang Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M.

Dikatakannya, Kodim 1207 BS telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pontianak untuk menyelenggarakan kegiatan Bakti TNI tentunya tujuan dari Karya Bakti TNI adalah membantu percepatan pembangunan yang ada di kota Pontianak.

Kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 1207/BS meliputi 11 titik di 5 Kecamatan di wilayah Kota Pontianak, diantara sasaran karya bakti tersebut ada yang sifatnya fisik dan ada yang non fisik. Kegiatan fisik yaitu membangun jalan rabat beton dan membuka akses jalan yang belum tersentuh sbb :

– Rabat beton di Jalan Hudayah, Gang Wahab dan Jalan Dharma Putra, Gang Dharma Putra 19 di Kec. Pontianak Utara.

– Rabat beton di Jalan Bina Jaya, Gang Damai Dalam, Gang Damai Rukun dan Gang Taba di Kecamatan Pontianak Selatan.

– Rabat beton di Jalan Pramuka, Gang Haji Nama di Kecamatan Pontianak Barat.

– Rabat beton di Jalan Siliwangi, Gang Siliwangi, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota.

– Rabat beton di Jalan Perum Pentagon dan Jalan Suka Mulia, Kecamatan Pontianak Timur”

“Sementara kalau sasaran non fisik dilakukan kegiatan Penyuluhan Bela Negara diantaranya :

– Penyuluhan Bahaya Narkoba

– Penyuluhan KB Kesehatan

– Penyuluhan Karhutla

– Penyuluhan Ketahanan Pangan

– Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

– Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Pembinaan Posyandu serta Posbindu

– Penyuluhan Terorisme

– Penyuluhan Radikalisme ataupun kegiatan yang sifatnya intoleransi” Ungkap Dandim 1207/BS

Dandim menilai semangat gotong royong di masyarakat semakin terkikis sehingga diperlukan upaya untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di masyarakat. Adapun jumlah Personel yang kami libatkan dari Kodim 1207 BS sebanyak 100 orang, nanti bersama-sama masyarakat kita bekerja secara gotong royong” Tutur Dandim

Setelah dinyatakan dibuka oleh Walikota Pontianak Dandim 1207/BS menginstruksikan seluruh Prajurit TNI Jajaran Kodim 1207/BS yang terlibat dalam karya bakti agar segera mengambil langkah-langkah untuk mengerjakan dan menyelesaikan Seluruh pekerjaan pembangunan baik itu sasaran fisik maupun sasaran non fisik, serta untuk baik-baik dengan rakyat, sesuai dengan Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI” Pungkas Dandim

Turut hadir dalam Upacara pembukaan Karya Bakti adalah Walikota Pontianak Ir. H. Edy Rusdi Kamtono, MM, MT, Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., MM., Kapolresta Pontianak Kombes Pol Leo Joko Triwibowo, Kajari Kota Pontianak diwakili Budi Susilo, Ketua DPRD Kota Pontianak diwakili Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zarin, OPD dilingkungan Pemkot Kota Pontianak, Kasdim 1207/BS Letkol Inf Moch Rofiq, S.Ip, MM., Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 1207/BS, Camat dilingkungan Pemkot Pontianak, Kapolsek Pontianak Kota dan Kapolsek Pontiank Barat, Lurah Sungai Bangkong, Lurah Sungai Jawi dan Lurah Pal Lima. (L4Y).