Upacara Penyambutan Kepulangan Satgas Pamtas Batalyon Infanteri 642/KPS RI-MLY Di Wilayah Perbatasan

upacara penyambutan kepulangan satgaspamas batalyon

 

Sintang, Kalbar ,BorneoneTV.Com – Upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-MLY dari Batalyon Infanteri 642/KPS yang telah selesai bertugas di wilayah perbatasan yang dilaksanakan di Kompi Markas 642/Kapuas pada Minggu 23, Mei, 2021.

Upacara dipimpin langsung oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, didampingi oleh Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Ronny, SAP, para Asisten dan Kabalakdam XII/TPR, Komandan Yonif 642/KPS, Letkol Inf Alim Mustofa.Serta tamu undangan dari Forkopimda Kabupaten Sintang.

Masih disuasana lebaran ini Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Minal Aidzin Walfaizhin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

“Saya ucapkan selamat tiba kembali di pangkalan dan saya ucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas serta pengabdian selama bertugas di perbatasan,,” ucap Pangdam XII/TPR.

Dikatakan dalam sambutannya Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, bahwa, sebagai bentuk penghormatan dan rasa bangga sekaligus rasa syukur, serta penghargaan komando kepada prajurit Satgas Pamtas Yonif 642/,KPS.

“Satgas Pamtas Yonif 642/KPS telah melaksanakan tugas operasi pengamanan kurang lebih selama 9 bulan, di sepanjang perbatasan RI-MLY dengan hasil yang optimal,” ujar Pangdam XII/TPR.

Pangdam XII/TPR menjelaskan beberapa pencapaian dari operasi Satgas Pamtas Yonif 642/KPS selama penugasan sebanyak 1007 Kasus.

“Diantaranya Narkoba 16 kasussebanyak 93,291 Kg, llegal Entry 809 kasus, llegal Trading 36 kasus, llegal Trafficing 3 kasus, llegal logging 20 kasus, llegal satwa14 kasus, llegal Fishing 2 kasus, Senpi dan Muhandak 106 kasus dan Tanaman legal 1 kasus,” urai Pangdam XII/TPR.

Oleh karena itu, Pangdam atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam XII/Tpr sangat
mengapresiasi atas prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 642/KPS.

Pangdam XII/TPR juga berpesan,”Sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional, kalian harus menyadari bahwa prestasi yang telah kalian raih harus dapat
dipertahankan”.

“Bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran serta sumber inspirasi guna menghadapi tugas selanjutnya yang kondisinya tentu tidak sama dengan situasi yang akan datang,” imbuhnya.

Dia juga berpesan, dengan selesainya penugasan ini, kepada para unsur pimpinan agar segera melaksanakan konsolidasi, periksa kembali materiil terutama senjata, amunisi perlengkapan lainnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Siapkan satuan dan prajurit untuk berlatih agar senantiasa siap serta operasional siap
melaksanakan tugas-tugas dan siap tempur kedepan,” paparnya.

Diakhir amanatnya Pangdam XII/TPR mengatakan, seluruh prajurit agar segera beradaptasi dengan lingkungan Home Base tetap terapkan protokol kesehatan selama masih belum berakhirnya masa Pandemi Covid-19.

Sebagai bentuk apresiasi dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/TPR menyerahkan piagam penghargaan kepada Komandan Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa, juga lencana penghargaan kepada perwakilan Prajurit Pamtas Yonif 642/KPS.(tim )